Kuartal III 2016, Pertamina Peroleh Laba Bersih 2,83 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 08/11/2016, 18:06 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) mencatatkan peningkatan laba bersih sebesar 209 persen dari 914 juta dollar AS pada kuartal III 2015 menjadi 2,83 milliar dollar AS atau setara Rp 37 triliun pada kuartal III 2016.

Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto mengatakan, pendapatan (revenue) yang diperoleh perseroan pada kuartal III 2016 memang menurun menjadi 26,6 miliar dollar AS dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 32 miliar dollar AS.

Namun, karena Pertamina melakukan efisiensi cukup besar maka laba bersih pada kuartal III 2016 bisa meningkat.

"‎Kinerja bottom line (laba bersih) cukup bagus didorong oleh efisiensi dan dengan terobosan yang menghasilkan value atau breakthrough project, sehingga kita bisa mencapai kinerja baik," kata Dwi di Jakarta, Selasa (8/11/2016).

Mantan orang nomor satu di PT Semen Indonesia (Persero) Tbk ini menyebutkan, hingga September 2016 Pertamina berhasil melakukan efisiensi hingga 1,6 miliar dollar AS.

Di tempat yang sama, Direktur Keuangan Pertamina Arief Budiman menambahkan, dengan efisiensi yang dilakukan perseroan, BUMN sektor migas ini berhasil menurunkan cost hingga 27 persen.

"Laba operasi 5,05 miliar dollar, tahun lalu 2,4 miliar dollar (yoy), naiknya 100 persen," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.