4 Penyebab Kaum Milenial Stres, Keuangan Jadi Sumber Utama

Kompas.com - 02/03/2019, 06:49 WIB
Ilustrasi ThinsktockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menurut survei yang diterbitkan oleh perusahaan manajemen investasi BlackRock, uang merupakan sumber stres utama khususnya bagi kaum milenial. 

Mengutip Bussiness Insider, Sabtu, (02/03/2019), hal ini ditunjukkan dari persentase yang semula 53 persen naik menjadi 63 persen di kalangan responden usia milenial.

Bahkan menurut studi tersebut, persentase stres akibat uang di usia milenial lebih besar dibanding stres yang diakibatkan oleh pekerjaan, keluarga, dan kesehatan yang tercatat sebagai 3 sumber utama stres dalam kehidupan.

Para peneliti menyebutkan, hal itu bisa disebabkan oleh banyaknya tujuan keuangan yang direncanakan milenial. Sementara, mayoritas orang tua cenderung memiliki satu tujuan keuangan utama, yakni tabungan pensiun.

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh investasi Blackrock tersebut, sekitar 60 persen kaum milenial tidak tahu di mana menemukan investasi yang handal, meskipun banyak milenial percaya bahwa investasi merupakan awal yang baik bagi perencanaan finansial di masa mendatang.

Sementara itu, 90 persen lainnya kewalahan dengan banyaknya pilihan investasi yang tersedia, sementara 77 persen mengatakan investasi sulit dipahami karena kurangnya informasi yang jelas dan ramah pengguna.

Dalam studi ini juga menyebutkan, hampir 50 persen Wanita cenderung lebih stres ketimbang pria yang pesentasenya hanya 34 persen.

Oleh karena itu, studi ini menyarankan perlu adanya edukasi terkait investasi dan pentingnya perencanaan keuangan bagi milenial.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X