Melihat Aliran Dana yang Mengalir untuk Grab...

Kompas.com - 07/03/2019, 11:33 WIB
Ilustrasi GrabBike Dok. GrabIlustrasi GrabBike

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu perusahaan rintisan aplikasi transportasi populer di Asia Tenggara, Grab, mendapat suntikan dana sebesar 1,5 miliar dollar AS dari Softbank.

Dana ini diberikan Softbank sejalan dengan upaya Grab memperkuat kehadirannya di kawasan Asia Tenggara, seperti dilansir dari CNN Money, Kamis (7/3/2019).

Kucuran dana tersebut bakal dialirkan melalui perusahaan modal ventura Vision Fund. 

Pihak Grab menyatakan, dana tersebut akan digunakan untuk menambah banyak layanan ke aplikasinya. Grab juga berencana untuk berinvestasi di Indonesia, agar bisa bersaing secara agresif dengan Go-Jek.

Baca juga: Diguyur Rp 20,4 Triliun, Ini yang Akan Dilakukan Grab di Indonesia

Menurut seorang sumber, nilai pendanaan terbaru Grab secara total mencapai sekitar 14 miliar dollar AS.

Diketahui, Vision Fund Softbank (SFTBF) sudah menjadi investor yang signifikan di Grab dan perusahaan-perusahaan besar aplikasi transportasi lainnya seperti Uber. Vision Fund telah melakukan investasi sebesar 3 miliar dollar AS pada startup dan perusahaan teknologi Asia.

Selama empat tahun terakhir, SoftBank telah mengucurkan dana segar ke Grab hingga 4 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 58,2 triliun. Adapun sebanyak 2,5 miliar dollar AS di antaranya berbagi dengan Didi Chuxing.

Baca juga: Grab Jadi Mentor 3 Startup RI, Salah Satunya Aplikasi Pangkas Rambut

Sejak mengakuisisi Uber tahun lalu, Grab telah meningkatkan persaingan dengan pesaing regional seperti Go-Jek, yang berkantor pusat di Indonesia. Go-Jek pun baru-baru ini meluncurkan layanan di Singapura, yang dikenal sebagai 'kandang Grab.'

Kedua perusahaan telah berkembang melampaui ekspektasi. Keduanya juga berusaha untuk menciptakan aplikasi super yang menawarkan sesuatu kepada pelanggan mulai dari sarana transportasi, pengiriman makanan hingga layanan pembayaran.

Dalam sebuah pernyataan, Grab akan meningkatkan layanan mobil dan sepeda motor berdasarkan permintaan dan platform pengiriman makanan. Selain itu, perusahaan ride hailing ini akan memperkenalkan layanan baru seperti asuransi, pemesanan hotel, dan video on-demand kepada penggunanya di seluruh Asia Tenggara

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNN
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X