Tingkatkan Layanan Digital, BRI Syariah Gandeng Paytren

Kompas.com - 26/04/2019, 18:08 WIB
Penandatangan Mou antara BRI Syariah dengan Paytren dalam acara IIEFest di Bandung, Jumat (26/4/2019)KOMPAS.com/Fika Nurul Ulya Penandatangan Mou antara BRI Syariah dengan Paytren dalam acara IIEFest di Bandung, Jumat (26/4/2019)

BANDUNG, KOMPAS.com - Dalam rangka meningkatkan layanan digital syariah, Bank Rakyat Indonesia (Bank BRI) menjalin kerja sama dengan Payten, salah satu alat pembayaran syariah digital.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara BRI Syariah dengan Paytren di acara Indonesia Islamic Economic Festival di Bandung, Jumat (26/4/2019).

"Kerja sama ini dapat mendorong perkembangan market share perekonomian syariah. seluruh proses kerjasama ini akan tunduk dan berada di bawah pengawasan regulator terkait, yaitu OJK dan Bank Indonesia," kata Direktur Utama BRI Syariah Hadi Santoso di Bandung, Jumat (26/4/2019).

Hadi juga mengatakan, disrupsi pasar menghadirkan pesaing baru bagi bank, salah satunya penyedia jasa non-bank yang marak beredar di era digital (fintech). Alih-alih berkompetisi, lebih baik berkolaborasi mengembangkan ekonomi syariah digital.

Baca juga: Gairahkan Industri Halal, Pemerintah Susun Masterplan Ekonomi Syariah

"Jika kita berkolaborasi, bukan mustahil market share keuangan syariah di Indonesia akan melesat. Ditambah pula dengan tren industri halal yang turut berkembang pesat," kata Hadi.

Komisaris Paytren Yusuf Mansur menambahkan, kerja sama ini akan menjadi ajang pembelajaran untuk Paytren yang saat ini hendak melebarkan ekspansinya hingga ke Inggris raya.

"Kami jadikan ini sebagai wahana belajar mudah-mudahan bisa tumbuh bareng. Mudah-mudahan apa yang kami cita-citakan umat jadi pemain, umat jadi subyek bahkan di tingkat internasional bisa tercapai," kata dia.

Nantinya, kerja sama ini akan menghadirkan layanan digital untuk isi saldo uang elektronik Paytren, on boarding rekening, transfer remitansi, Payment Point Online Bank (PPOB), Co-Branding kartu BRI Syariah, pembayaran pendidikan, pengelolaan floating fun, dan jasa layanan keuangan lainnya.

Baca juga: Lewat PayTren, Yusuf Mansur Incar "Unicorn"




Close Ads X