Catat, Ini 2 Pekerjaan Bergaji Tinggi di Era Milenial

Kompas.com - 27/04/2019, 16:22 WIB
Ilustrasi milenial FREEPIKIlustrasi milenial

JAKARTA, KOMPAS.com - Dunia kerja saat ini mengarah ke pekerjaan-pekerjaan spesifik yang menuntut seseorang untuk menjadi yang spesifik juga. Karena menuntut kespesifikan, akhirnya muncul pekerjaan di bidang-bidang baru.

"Ada beberapa bidang pekerjaan yang saat ini diminati anak muda, dan pekerjaan itu di bidang baru semua. Kenapa diminati? karena potensinya paling tinggi, mendapat gaji tinggi, dan kompetisinya paling rendah," kata CEO Topkarir Indonesia, Bayu J. Wirjoatmodjo di Jakarta, Sabtu (27/4/2019).

Menurut Bayu, ada dua bidang pekerjaan yang bergaji tinggi namun jarang sekali peminatnya. Pekerjaan ini tentunya menjadi peluang bagi generasi-generasi milenial yang sedang mencari kerja.

Baca juga: Ini 10 Pekerjaan Unik di Dunia, Tukang Minta Maaf hingga Penyewaan Pacar

Berikut pekerjaan-pekerjaan tersebut:

1. Data engineer

Data Engineer adalah seseorang yang mengembangkan dan membuat desain arsitektur, manajemen data, dan memonitor infrastruktur data di perusahaan, seperti sistem database, data warehouse, data lake, dan sistem pemrosesan data berskala besar.

"Jadi pekerjaan data engineer itu mengolah data, men-translasikan data, kemudian membuat arsitektur sehingga mesin bisa membaca arsitektur data tersebut," kata Bayu.

Menurut Bayu, gaji seorang data engineer yang baru lulus kuliah setara dengan kepala cabang pembantu di sebuah bank. Bahkan, 3 sampai 4 kali melebihi Upah Minimum Regional (UMR).

2. Data Scientist

Kebanyakan orang menyamakan data engineer dengan data scientist. Padahal, ada perbedaan spesifik antara dua pekerjaan ini.

Bila data engineer menangani data yang masih kotor alias data yang belum tervalidasi, maka data scientist adalah seorang yang mengolah dari data yang sudah bersih menjadi rekomendasi atau bahkan fitur baru.

"Sama dengan data engineer, gajinya bisa mencapai puluhan juta rupiah untuk fresh graduate," ucap Bayu.

Bayu juga mengatakan, beberapa tahun kemudian mungkin juga banyak bidang-bidang baru yang bermunculan. Namun saat ini, pekerjaan dengan gaji besar untuk yang baru lulus kuliah dan dibutuhkan banyak perusahaan masih dipegang oleh 2 pekerjaan di atas.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X