Simak 10 Keterampilan Paling Laris di Asia Pasifik Saat Ini

Kompas.com - 25/06/2019, 07:45 WIB
Ilustrasi bekerja berdirimonkeybusinessimages Ilustrasi bekerja berdiri

KOMPAS.com - Keterampilan apa yang paling berguna agar diterima dalam dunia kerja? Pertanyaan ini mungkin yang paling banyak terbersit di benak Anda, para pencari kerja maupun pengusaha.

Linkedin, sebuah portal pencarian kerja profesional mengklaim punya jawabannya.

Dalam laporannya tentang keterampilan yang dibutuhkan masa depan, situs jejaring profesional ini telah mengambil data lebih dari 600 juta anggota untuk mengidentifikasi keterampilan tenaga kerja, khususnya di wilayah Asia Pasifik.

Hasilnya, laporan ini menyoroti 10 keterampilan yang telah mengalami pertumbuhan eksponensial selama 5 tahun terakhir. Hal ini merujuk pada lonjakan daftar keterampilan tersebut di profil anggota dan peningkatan permintaan dari perusahaan maupun pengusaha.

Dikutip dari CNBC, Selasa (25/6/2019), Linkedin mengatakan permintaan untuk keterampilan itu meningkat 3 kali lebih tinggi dibanding bidang keahlian lain dalam 12 bulan terakhir. Angka itu pun diasumsikan akan meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Baca juga: Ini Strategi Indonesia Hadapi Tantangan Pekerjaan di Masa Depan

"Keterampilan ini mungkin baru lahir sekarang tetapi berpotensi akan melihat adopsi skala besar di masa depan," kata Linkedin.

Memang, menurut penelitian Forum Ekonomi Dunia (WEF) tahun 2018, 42 persen keterampilan inti yang diperlukan untuk pekerjaan umum diperkirakan akan berubah pada tahun 2020.

Berikut ini 10 keterampilan paling dicari di Asia Pasifik dalam dunia kerja:

1. Kecerdasan Buatan

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah bidang ilmu komputer yang menggunakan mesin untuk melakukan tugas yang mirip manusia.

Ketika perusahaan sangat bergantung pada data, AI memainkan peran paling penting dalam pengambilan keputusan dalam perusahaan tersebut.

Airbnb, misalnya, sekarang menggunakan pengenalan visual dan pembelajaran mesin untuk memahami foto apa yang paling menarik bagi calon tamu.

Posisi pekerjaan yang sesuai: business analyst, data scientist, software engineer

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X