Sri Mulyani Semangati Lagarde yang Jadi Calon Bos Bank Sentral Eropa

Kompas.com - 03/07/2019, 15:18 WIB
Direktur IMF Christine Lagarde. AP PHOTODirektur IMF Christine Lagarde.

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Pelaksana sekaligus Kepala Dana Moneter Internasional Christine Lagarde dicalonkan jadi Gubernur Bank Sentral Eropa (European Central Bank/ ECB).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang dalam beberapa kesempatan kerap terlihat akrab dengan Lagarde turut berbahagia dengan pencalonan tersebut. Dengan ekspresi gembira, Sri Mulyani pun turut memberikan semangat agar pencalonan Lagarde berjalan lancar.

"Good luck!" ujar Sri Mulyani di Jakarta, Rabu (3/7/2019).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini memaparkan, kondisi perekonomian Eropa saat ini cukup menantang.

Sehingga, jabatan sebagai Gubernur ECB jadi lebih berat lantaran Eropa tengah berupaya untuk memerbaiki pertumbuhan ekonominya, terutama setelah krisis 2008-2009.

Baca juga: Lagarde Dikabarkan Jadi Calon Pimpinan Bank Sentral Eropa

"Mereka juga perlu untuk terus memperbaiki dari sisi growthnya, dari sisi kemampuan untuk bisa menjaga momentum sesudah terjadinya krisis 2008- 2009. Jadi banyak yang harus dilakukan," ujar Sri Mulyani.

Seperti diberitakan, Lagarde masuk ke dalam daftar bursa calon Gubernyr ECB menggantikan Mario Draghi yang telah menjabat sejak 2011.

Dia pun memutuskan untuk melepas jabatannya di IMF.

“Saya merasa terhormat telah dinominasikan untuk Kepresidenan Bank Sentral Eropa. Mengingat hal ini, dan dalam konsultasi dengan Komite Etika Dewan Eksekutif IMF, saya telah memutuskan untuk sementara waktu melepaskan tanggung jawab saya sebagai Direktur Pelaksana IMF selama periode pencalonan," ujar Lagarde dalam keterangan resmi IMF.

Baca juga: Christine Lagarde Terpilih Kembali Jadi Direktur Eksekutif IMF

Lagarde yang mengawali karirnya sebagai pengacara sebelumnya mencatatkan sejarah sebagai perempuan pertama yang menjabat sebagai direktur konsultan hukum internasional Baker & McKenzie pada tahun 1999 sampai 2004 sebelum kemudian memegang jabatan sebagai Menteri Ekonomi, Keuangan dan Pekerjaan, Menteri Pertanian dan Perikanan, hingga Menteri Perdagangan Perancis.

Lagarde merupakan perempuan pertama yang menjadi menteri keuangan di negara G8 dan menjadi perempuan pertama yang memimpin IMF.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X