KILAS

Produksi Jagung Melimpah, Fadel Muhammad Apresiasi Mentan Amran

Kompas.com - 03/07/2019, 21:50 WIB
Ketua Dewan Jagung Nasional Fadel Muhammad mengapresiasi upaya pemerintah dalam menggenjot produksi jagung secara nasional, Rabu (3/7/2019) Dok. Humas KementanKetua Dewan Jagung Nasional Fadel Muhammad mengapresiasi upaya pemerintah dalam menggenjot produksi jagung secara nasional, Rabu (3/7/2019)

KOMPAS.com - Indonesia telah berhasil mengakselerasi produksi jagung hingga melebihi target yang telah ditentukan.

Selain itu, kesuksesan lainnya juga ditandai dengan terpenuhinya kebutuhan masyarakat serta meroketnya hasil ekspor ke pasar Asean.

Berkaitan dengan ini, Ketua Dewan Jagung Nasional Fadel Muhammad mengapresiasi upaya pemerintah dalam menggenjot produksi jagung secara nasional.

Dalam keterangan tertulisnnya, Fadel menyampaikan, capaian itu sekaligus bukti bahwa Indonesia adalah negara besar dengan posisi produksi di atas rata-rata.

"Kami mengapresiasi apa yang telah dilakukan Menteri Pertanian (Mentan) Amran. Berkatnya, Indonesia berhasil menegakkan aturan-aturan terhadap mereka yang bermain manipulasi," ujarnya dalam diskusi yang digelar Kamar Dagang dan Industri Indonesia, Rabu (3/7/2019).

Baca juga: Indonesia Bakal Ekspor Jagung 500.000 Ton

Kendati demikian, Fadel menekankan pentingnya pendistribusian bantuan bibit unggul yang bisa menambah daya gedor produksi para petani di seluruh Indonesia.

Selain itu, pemerintah juga diharapkan terus menyediakan mesin pengering supaya penyediaan jagung tetap terjaga meski memasuki musim penghujan.

"Penyediaan bibit yang berkualitas itu wajib diberikan supaya hasil produksi juga memuaskan," ujar Mantan Menteri Kelautan dalam Kabinet Indonesia Bersatu II itu.

Menanggapi hal tersebut, Mentan Amran menjelaskan posisi Indonesia saat ini dalam keadaan surplus jagung sehingga mampu melakukan ekspor.

"Kami sudah membagikan bibit untuk ditanam petani seluas 3 juta hektar. Semuanya gratis tanpa dipungut biaya sepeser pun. Maka itu, bibit yang diberikan juga harus bagus supaya produktivitasnya mencapai 10 ton," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X