Soal ITC Sepi, Ini Kata Pengelola

Kompas.com - 04/07/2019, 18:34 WIB
Suasana ITC Kuningan Jakarta, Kamis (4/7/2019).DOKUMENTASI SINARMAS LAND Suasana ITC Kuningan Jakarta, Kamis (4/7/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengelola International Trade Center ( ITC) membantah bahwa masa kejayaan mereka sebagai pusat perbelanjaan telah berakhir.

Kepala Divisi ITC Christine Natasha Tanjungan mengatakan, dari sisi kinerja perusahaan, mereka masih mencetak keuntungan yang bagus. Pendapatan mereka masih tumbuh tinggi sekitar 8 persen pertahun.

"Kami setiap tahun punya growth secara revenue perusahaan sekitar 5-8 persen, itu yang terjadi pada 2017-2018. Sekarang 2018-2019 target kami growing 8 persen," ujar Christine kepada Kompas.com, Kamis (4/7/2019).

Di wilayah Jabodetabek, terdapat 10 ITC yang dikembangkan Sinarmas Land. Seluruh unit ITC tersebut, kata Christine, masih menunjukkan pertumbuhan yang positif.

Baca juga: 5 Fakta Lesunya ITC di Jakarta, dari Permata Hijau hingga Mangga Dua

Meski begitu, tak dipungkiri adanya penurunan pengunjung dalam beberpaa tahun terakhir. Angkanya pun tak besar, sekitar 2-3 persen. Namun, jika dibandingkan dengan persentase pertumbuhan kinerjanya, masih jauh lebih rendah.

Penurunan jumlah pengunjung, kata dia, bukan suatu masalah besar karena juga dialami pusat perbelanjaan lainnya.

"Menurut kami dalam ekonomi global saat ini, tidak jujur kalau ada mall yang bilang tidak turun," kata Christine.

Selain pertumbuhan pendapatan, Christine menyebutkan, ada sejumlah indikator lain yang menunjukkan bahwa bisnis ITC masih tumbuh positif. Pertama, hampir tak ada tenant-tenant besar yang gulung tikar dan pindah dari ITC, seperti makanan siap saji maupun supermarket. Bahkan peminat mitra untuk membuka toko di ITC masih banyak.

Christine mengatakan, beberapa waktu lalu, salah satu ritel terbesar Ranch Market berminat pengelola untuk menyediakan area seluas 2.000 meter persegi.

"Padahal Ranch Market bukan kelas kami karena kami kan untuk level menengah ke bawah," kata Christine.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X