Investasi China ke Arab Saudi Melonjak 100 Persen pada Semester I 2019

Kompas.com - 03/08/2019, 10:18 WIB
Ilustrasi bendera China. SHUTTERSTOCKIlustrasi bendera China.

RIYADH, KOMPAS.com - Investasi China ke Arab Saudi mencatatkan lonjakan secara signifikan pada semester I 2019. Bahkan, kenaikannya mencapai 100 persen.

"Kami melihat adanya pertumbuhan yang besar (dalam jumlah investasi) perusahaan-perusahaan China di Kerajaan (Arab Saudi). Ada kenaikan 100 persen dalam (investasi) masuk ke pasar Saudi pada paruh pertama 2019 dibandingkan tahun lalu," kata Sultan Mufti, deputi gubernur pengembangan dan minat investasi di Otoritas Investasi Umum Arab Saudi (SAGIA) seperti dikutip dari Arab News, Sabtu (3/8/2019).

Beberapa waktu lalu lalu, delegasi China melakukan kunjungan ke SAGIA. Dalam pertemuan tersebut, imbuh Mufti, kedua negara mengungkapkan kemitraan strategis yang dapat dicapai.

Baca juga: Apa Kabar Perundingan Perang Dagang AS dan China?

"Ada banyak kesamaan di antara kami (China dan Arab Saudi). Sebagai negara G20, kami telah menikmati hubungan perdagangan sejak lama dan kami tumbuh dengan inisiatif kami, Arab Saudi mempunyai Vision 2030 dan China memiliki Belt and Road Initiative," tutur Mufti.

Ia menyatakan, ada banyak peluang dalam sektor-sektor strategis sebagai hasil dari Vision 2030. Belt and Road Initiative pun membuka jalan bagi China untuk masuk ke perekonomian Arab Saudi.

"Ada banyak perusahaan China yang memiliki keahlian yang relevan dengan rencana-rencana kami," sebut Mufti.

Baca juga: Bertemu Putra Mahkota, Jokowi Pastikan BUMN Dukung Konstruksi di Arab Saudi

Adapun sektor-sektor yang dimaksud antara lain termasuk petrokimia, manufaktur, listrik untuk pertambangan dan energi terbarukan. Menurut Mufti, perusahaan-perusahaan China memiliki keahlian di dalam sektor-sektor tersebut yang dapat dibawa ke Arab Saudi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Arab News
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X