Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Investasi China ke Arab Saudi Melonjak 100 Persen pada Semester I 2019

RIYADH, KOMPAS.com - Investasi China ke Arab Saudi mencatatkan lonjakan secara signifikan pada semester I 2019. Bahkan, kenaikannya mencapai 100 persen.

"Kami melihat adanya pertumbuhan yang besar (dalam jumlah investasi) perusahaan-perusahaan China di Kerajaan (Arab Saudi). Ada kenaikan 100 persen dalam (investasi) masuk ke pasar Saudi pada paruh pertama 2019 dibandingkan tahun lalu," kata Sultan Mufti, deputi gubernur pengembangan dan minat investasi di Otoritas Investasi Umum Arab Saudi (SAGIA) seperti dikutip dari Arab News, Sabtu (3/8/2019).

Beberapa waktu lalu lalu, delegasi China melakukan kunjungan ke SAGIA. Dalam pertemuan tersebut, imbuh Mufti, kedua negara mengungkapkan kemitraan strategis yang dapat dicapai.

"Ada banyak kesamaan di antara kami (China dan Arab Saudi). Sebagai negara G20, kami telah menikmati hubungan perdagangan sejak lama dan kami tumbuh dengan inisiatif kami, Arab Saudi mempunyai Vision 2030 dan China memiliki Belt and Road Initiative," tutur Mufti.

Ia menyatakan, ada banyak peluang dalam sektor-sektor strategis sebagai hasil dari Vision 2030. Belt and Road Initiative pun membuka jalan bagi China untuk masuk ke perekonomian Arab Saudi.

"Ada banyak perusahaan China yang memiliki keahlian yang relevan dengan rencana-rencana kami," sebut Mufti.

Adapun sektor-sektor yang dimaksud antara lain termasuk petrokimia, manufaktur, listrik untuk pertambangan dan energi terbarukan. Menurut Mufti, perusahaan-perusahaan China memiliki keahlian di dalam sektor-sektor tersebut yang dapat dibawa ke Arab Saudi.

https://money.kompas.com/read/2019/08/03/101800526/investasi-china-ke-arab-saudi-melonjak-100-persen-pada-semester-i-2019

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke