Dipecat? Begini Cara Menjelaskannya Saat Wawancara Kerja

Kompas.com - 14/08/2019, 21:46 WIB
Ilustrasi wawancara kerja.SHUTTERSTOCK Ilustrasi wawancara kerja.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dipecat dari sebuah pekerjaan adalah mimpi buruk bagi banyak orang.  Namun harus diingat, hal itu bukanlah akhir dari karier kamu.

Kamu jangan berlarut-larut dalam kesedihan dan harus bisa bangkit untuk move on.

Nah pertanyaannya, saat wawancara pekerjaan baru, apakah kita harus berterus terang bahwa kita dipecat atau bagaimana?

Cara menyampaikan bagaimana kamu dipecat dalam sebuah wawancara kerja adalah hal yang penting.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan Kaji Program Pesangon PHK

Kamu sebaiknya tidak berbohong mengenai pemecatan tersebut namun juga tidak berlarut-larut dalam kesedihan.

Dikutip dari CNN Rabu (14/08/2019), berikut cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi pembicaraan mengenai pemecatan saat wawancara kerja.

1. Menerima kenyataan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah move on dari pemecatan tersebut dan menerima kenyataan. Memahami keadaan dan mengapa kamu dipecat dapat sangat membantu ketika harus menjelaskan keadaan tersebut pada orang lain.

Apakah masalah performa? Konflik kepribadian? Manajemen baru? Atau karena adanya PHK besar-besaran yang tak terhindarkan?

“Kamu tidak seharusnya mendefinisikan diri berdasarkan sebuah kesalahan atau kemunduran. Itu tidak berguna untuk karir kamu,” kata seorang spesialis karir di perusahaan pelatihan karier Ama La Vida, John Roccia.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X