Pikirkan dari Sekarang, Ini 7 Usaha yang Cocok saat Pensiun

Kompas.com - 25/08/2019, 11:17 WIB
ilustrasi orang tua dan teknologi ilustrasi orang tua dan teknologi

KOMPAS.com - Masa pensiun identik dengan kegiatan yang lebih santai dan juga banyak waktu, mengingat berbagai rutinitas harian di kantor sudah tidak lagi perlu dilakukan. Dan tak dimungkiri, masa pensiun jadi momok bagi sebagian pekerja.

Tak lain dan tak bukan hal itu karena kekhawatiran kondisi keuangan yang tak memadai untuk bisa menikmati masa pensiun yang menyenangkan. Meski sudah pensiun, berbagai kebutuhan tentu masih harus dipenuhi dengan baik.

Saat sudah tidak memiliki gaji tetap setiap bulannya, menjalankan bisnis setelah pensiun bisa menjadi pilihan yang tepat. Tidak perlu yang rumit dan dalam skala besar, menjalankan bisnis kecil dan mudah dilakukan juga bisa jadi pertimbangan.

Saat ini, ada banyak peluang bisnis yang dapat dijalankan dengan mudah, bahkan untuk seorang pensiunan sekalipun. Pastikan buat memilih jenis bisnis yang tepat dan sesuai dengan minat, sehingga bisnis ini akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Jadi, jangan abai dan pikirkan masa pensiun Anda dari sekarang. Biar ada gambaran yang jelas, ini tujuh pilihan usaha yang cocok dilakukan saat pensiun tiba seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Membuka Bisnis Online

Bisnis online jadi salah satu jenis usaha yang paling simpel dan cocok untuk dijalankan siapa saja, termasuk para pensiunan. Bisnis ini bisa dijalankan dengan menjual berbagai barang yang diproduksi sendiri atau bahkan sekadar menjadi reseller atau perantara.

Bisnis yang satu ini bahkan bisa dijalankan dengan modal yang terbatas atau hanya mengandalkan modal layanan internet saja. Meski terlihat sederhana, penghasilan dari bisnis online ini juga cukup menjanjikan.

2. Menekuni Bisnis Agro

Jika pensiun di daerah atau bahkan pindah ke daerah setelah masa pensiun tiba, bisnis yang satu ini bisa menjadi pilihan tepat. Agrobisnis bisa dimulai dengan membeli atau menyewa sebidang tanah menggunakan dana pensiun yang didapatkan.

Selanjutnya, tanah ini bisa diolah menjadi lahan pertanian atau bahkan perkebunan dan ditanami dengan berbagai jenis tanaman yang menghasilkan. Ada banyak jenis tanaman yang bisa dijadikan pilihan, seperti: sayuran, buah, berbagai macam bunga, atau tanaman herbal dan obat-obatan.

3. Memulai Bisnis Laundry

Jika tinggal di kawasan yang padat penduduknya seperti perumahan, bisnis laundry ini akan menjadi pilihan tepat. Bisnis ini bisa dijalankan dengan modal kecil sekalipun, yakni dengan membeli beberapa unit mesin cuci dan juga setrika.

Jika tidak sanggup menjalankannya sendiri, merekrut beberapa orang karyawan juga bisa menjadi pertimbangan. Selain di kawasan perumahan, bisnis laundry ini juga cocok dijalankan di lokasi sekitar kampus atau bahkan perkantoran yang banyak mahasiswa dan pekerja.

4. Usaha Jasa Pengiriman Barang atau Ekspedisi

Bisnis jasa pengiriman barang atau menjadi agen ekspedisi juga bisa menjadi pilihan yang tepat setelah masa pensiun. Saat ini, kehadiran bisnis online yang berkembang dengan pesat sudah menjadi peluang yang menjanjikan di bidang yang satu ini.

Banyak orang yang membutuhkan layanan ekspedisi dan banyak perusahaan yang bisa dijadikan sebagai mitra. Sehingga bisnis yang satu ini tidak akan sulit untuk dijalankan.

Baca Juga: Tips Memulai Investasi Rumah Kontrakan

5. Membuka Toko Kue dan Roti

Jika memiliki keahlian dalam membuat kue dan roti atau panganan kecil lainnya, membuka toko kue setelah pensiun juga bisa jadi pertimbangan. Hal ini akan terasa menyenangkan, apalagi jika sejak awal memang sudah menjadikannya sebagai hobi.

Pilihlah lokasi bisnis yang tepat, seperti kawasan perumahan atau bahkan sekitar sekolahan yang selalu ramai. Jangan lupa untuk membuat berbagai kue yang enak dan disukai banyak orang, sehingga bisnis ini bisa berjalan dengan lancar.

6. Buka Rental Kendaraan

Rental kendaraan menjadi salah satu pilihan bisnis yang tepat untuk dijalankan para pensiunan. Selain mudah dan tidak membutuhkan banyak tenaga, rental kendaraan ini juga bisa dijalankan dalam skala kecil.

Bisnis yang satu ini masih sangat menjanjikan, apalagi jika dijalankan di lokasi tepat seperti wilayah yang sering menjadi tujuan wisata. Jika tidak memiliki modal yang cukup banyak, usaha rental seperti ini juga bisa dijalankan bersama teman atau keluarga yang punya kendaraan untuk disewakan.

Tetu saja, penghasilan dari bisnis ini cukup besar, terutama di masa-masa liburan. Jadi, daripada ada kendaraan menganggur, lebih baik dimanfaatkan untuk menghasilkan uang.

7. Bisnis Properti atau Kos-kosan

Jika memiliki modal yang cukup besar, menjalankan bisnis properti tentu bisa menjadi pilihan yang tepat untuk para pensiunan. Bisnis ini bisa dilakukan dengan cara membeli sebidang tanah dan membangun rumah atau kos-kosan dengan beberapa kamar yang bisa disewakan.

Pemilihan lokasi yang strategis tentu akan sangat menentukan kesuksesan bisnis yang satu ini. Pilih lokasi untuk membangun kos-kosan dekat dengan area perkantoran atau kampus dan sekolah.

Pilih yang Simpel dan Sesuai Minat

Memulai bisnis setelah masa pensiun bisa menjadi pilihan tepat, mengingat masih ada berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi. Hindari untuk memilih bisnis yang memiliki tingkat kesulitan tinggi, apalagi yang tidak dipahami dengan baik. Pilih bisnis yang simpel dan sesuai minat, sehigga lebih mudah untuk dijalankan dan bisa menghasilkan.

 

Artikel ini merupakan hasil kerja sama antara Kompas.com dengan Cermati.com. Isi artikel menjadi tanggung jawab sepenuhnya Cermati.com.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X