Seluruh Desa di Kepulauan Natuna Telah Teraliri Listrik

Kompas.com - 27/08/2019, 16:51 WIB
Peresmian 100?sa Berlistrik di Kepulauan Natuna, Selasa (27/8/2019) dok PLNPeresmian 100?sa Berlistrik di Kepulauan Natuna, Selasa (27/8/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) ( PLN) berhasil seluruh desa yang ada di Natuna, Kepulauan Riau. Hal itu tercapai melalui program Natuna Terang 100% Desa Berlistrik.

Hal ini ditandai dengan acara peresmian yang digelar di Jelita Sejuba Natuna oleh Plt.Gubernur Kepulauan Riau, H. Isdianto dan Direktur Bisnis Regional Sumatera (Dirregsum) PLN Wiluyo Kusdwiharto.

Dalam sambutannya, Wiluyo Kusdwiharto menjelaskan bahwa untuk sistem kelistrikan di Kabupaten Natuna termasuk di pulau-pulau tersebar hingga pulau terluar terdiri dari 12 sub sistem kelistrikan dengan total daya terpasang 35,8 MW dan daya mampu 29.5 MW dengan beban puncak 14.2 MW.

"PLN terus berupaya memberikan pelayanan kepada pelanggan untuk mengoptimalkan keandalan sistem di Natuna, PLN baru saja merampungkan pembangunan interkoneksi sistem 20 KV sepanjang 60 kms yang terhubung dari Ranai ke Pian Tengah, dengan sudah beroperasinya sistem 20 kv tersebut kini sistem kelistrikan di Natuna lebih andal", terang Wiluyo dalam keterangan resminya, Selasa (27/8/2019).

Pembangunan listrik desa di kabupaten Natuna saat ini telah rampung 100 persen sehingga dapat menerangi warga yang tinggal di 27 pulau.

Dalam 3 tahun PLN berhasil alirkan listrik kepada 3.427 pelanggan di 40 desa yang terdiri dari 33 desa baru dan 7 desa lama. Untuk keperluan itu, PLN mengeluarkan investasi sebesar Rp 28,2 miliar untuk membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) dan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 178, 5 Kms (kilo meter sirkit), juga Gardu Distribusi kapasitas 2.050 kVA.

Untuk Natuna sendiri disuplai dari PLTD Ranai yang interkoneksi ke PLTD Pian Tengah dengan daya terpasang 20.2 MW dan daya mampu 17.1 MW, sementara beban puncak sebesar 11.8 MW sehingga pasokan listrik di Natuna surplus 5.2 MW.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X