Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suprajarto Menolak Jadi Bos BTN, Plh Dirut Ditunjuk

Kompas.com - 30/08/2019, 18:56 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Commercial Banking PT Bank Tabungan Negara (Persero ) Tbk Oni Febrianto Rahardjo ditunjuk menjadi Pelaksana Tugas Harian (Plh) Direktur Utama Bank BTN.

Keputusan tersebut didasarkan pada penugasan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang kepada Suprajarto sebagai Direktur Utama Bank BTN, namun ditolaknya.

Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Jasa Konsultan Kementerian BUMN Gatot Trihargo mengatakan penetapan pelaksana tugas harian berdasarkan aturan anggaran dasar perseroan yang bersangkutan.

“Pelaksana Tugas Harian BTN sudah ada anggaran dasar adalah Pak Oni. Opsi kedua Pak Nixon (saling bergantian) karena mereka paling lama masa jabatannya sebagai direksi,” ujar dia ketika ditemui usai acara konferensi pers RUPSLB BNI di Menara BNI, Jakarta, Jumat (30/8/2019).

Baca juga: Suprajarto Menolak Jadi Dirut BTN, Bagaimana Statusnya di BRI?

Gatot menegaskan, pergeseran jabatan di setiap BUMN tidak didasarkan pada kapasitas perusahaan tersebut. Menurut dia, penugasan yang diberikan merupakan amanah sehingga pemilihan mengenai siapa yang sekiranya pantas menduduki suatu jabatan dianggap sebagai bentuk pengabdian pegawai ASN kepada BUMN.

Adapun Gatot juga menyadari, sebagai sebuah bank penyalur KPR, pengembangan bisnis BTN cukup menantang.

“Kita tidak melihat besar-kecil, banyak orang melihat itu besar kecil. Orang-orang yang tertentu itu kan bagaimana pengabdian kepada BUMN, banyak orang-orang masalaah penugasan, siapa pun juga akan siap,” ucapnya.

Baca juga: Suprajarto Tolak Jadi Dirut BTN, Ini Reaksi Kementerian BUMN

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com