Fokus ke Kredit UMKM, BRI Siap Bersaing dengan Fintech

Kompas.com - 02/09/2019, 21:42 WIB
Direktur Utama BBRI Sunarso dalam konferensi pers perombakan dewan direksi dan dewan komisaris di Jakarta, Senin (2/9/2019). KOMPAS.COM/FIKA NURUL ULYADirektur Utama BBRI Sunarso dalam konferensi pers perombakan dewan direksi dan dewan komisaris di Jakarta, Senin (2/9/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai dipilih menjadi Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) mengantikan Suprajarto, Sunarso telah memiliki rencana strategis untuk memimpin Bank BRI.

Adapun fokus bisnis BRI adalah tetap konsisten terhadap kredit Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM). Bahkan tak menutup kemungkinan akan menyaingi fintech-fintech yang juga berfokus pada pendanaan sektor UMKM.

"Kemudian apakah nanti akan beradu dengan fintech yang sudah banyak? Ya memang arahnya ke sana. Kita biarkan kita bersaing di pasar dengan fintech dengan apapun," kata Sunarso di Jakarta, Senin (2/9/2019).

Selain bersaing, kata Sunarso, rencana pembiayaan ke sektor UMKM ini juga bisa ditempuh dengan berbagai cara lainnya, seperti mengakuisisi fintech maupun berkolaborasi dengan fintech-fintech yang sudah ada.

Baca juga : BRI Bakal Akuisisi Fintech, Ada Tiga Kandidat

"Kita juga bisa bikin fintech. Dan kemudian fintech itu kita tempatkan di anak perusahaan. Kita bisa own langsung atau kita kolaborasi/kerjasama yang bisa kita lakukan dengan fintech," jelas Sunarso.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X