Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Swasta dan Masyarakat Didorong Turut Jaga Kelestarian Laut

Kompas.com - 04/09/2019, 13:26 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) mengedukasi masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan, khususnya laut. Terkait hal ini, Sampoerna menggandeng sejumlah aktivis lingkungan.

Salah satu kelompok aktivis lingkungan yang digandeng perseroan adalah Seasoldier yang didirikan oleh Nadine Chandrawinata. Seasoldier dan Sampoerna berupaya menyebarkan virus positif kepada masyarakat luas agar terus berjuang menjaga lingkungan, khususnya laut Indonesia.

Dalam keterangannya, Rabu (4/9/2019), perseroan memandang pentingnya peran masyarakat luas, terutama generasi muda untuk turut menjaga kelestarian lingkungan laut. Peran para pemuda dapat ditunjukan melalui berbagai bentuk seperti kegiatan social dan volunteering.

Oleh karena itu, perlu dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak termasuk pemerintah setempat maupun dari pihak swasta.

Baca juga: Kerja Sama Pemda dan Swasta Atasi Masalah Sampah Puntung Rokok di Bali

Perseroan juga menggelar Beach Clean Up di Pantai Kenjeran untuk menggelorakan semangat dan aksi nyata untuk mewujudkan kemerdekaan dari permasalahan lingkungan yang kian merisaukan di Indonesia.

Selain diikuti oleh masyarakat umum, kegiatan ini juga turut melibatkan puluhan perwakilan Seasoldier dari 14 daerah di Indonesia yang meliputi Jakarta, Surabaya, Medan, Sulawesi Utara, Pacitan, Banyuwangi, Lombok, Maluku Utara, Bali, Bandung, Pontianak, Tasikmalaya, Gorontalo, dan Balikpapan.

Harapannya, kegiatan ini juga turut menjadi titik awal dan tolak ukur bersama dalam menjalin kerja sama dan saling memberi dukungan dalam kegiatan-kegiatan peduli lingkungan lain di kemudian hari.

Baca juga: HM Sampoerna Terima Penghargaan Lingkungan Tingkat Asia

Ervin Laurence Pakpahan, selaku Kepala Hubungan Daerah dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan HM Sampoerna menyatakan, sebagai perusahaan yang berkomitmen dalam isu-isu keberlanjutan, pihaknya telah dan senantiasa mengambil langkah nyata untuk berkontribusi dalam penanggulangan sampah.

"Sampoerna berharap bahwa gerakan sosial ini dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi seluruh pihak khususnya masyarakat luas untuk menjaga kelestarian lingkungan dengan mengurangi sampah," ujar Ervin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com