Defisit Anggaran Pemerintah AS Tembus 1 Triliun Dollar AS

Kompas.com - 13/09/2019, 17:19 WIB
Ilustrasi dollar AS Thinkstock.comIlustrasi dollar AS

WASHINGTON, KOMPAS.com - Defisit anggaran pemerintah Amerika Serikat membengkak hingga menyentuh 1,067 triliun dollar AS.

Seperti dikutip dari CNN, Jumat (13/9/2019), besaran defisit hingga 11 bulan tahun fiskal tersebut melonjak 19 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Kementerian Keuangan AS melaporkan, pada periode yang sana tahun fiskal sebelumnya, defisit anggaran tercatat sebesar 898 miliar dollar AS.

Padahal dalam kampanyenya di 2016 lalu, Presiden Amerika Serikat Donald Trump berjanji untuk mengurangi jumlah utang.

Sebelumnya, Kantor Manajemen dan Anggaran Gedung Putih telah memperkirakan bahwa defisit akan melebihi 1 triliun dillar AS untuk seluruh tahun fiskal, yang berakhir pada 30 September.

Baca juga : "Shutdown" Pemerintah AS, Ratusan Ribu Pegawai Pemerintah Tak Digaji

Pada hari Senin (9/9/2019), Kantor Anggaran Kongres non-partisan mengatakan defisit anggaran pemerintah telah melampaui 1 triliun dollar AS dalam 11 bulan pertama tahun fiskal 2019.

Membengkaknya defisit sedemikian rupa terakhir kali terjadi pada 2012, ketika menghadapi krisis keuangan.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan pembengkakan defisit tersebut, termasuk pemangkasan pajak hingga 1,5 triliun dollar AS yang secara hukum ditandatangani oleh Trump 2017 lalu. Selain itu, kongres juga menyepakati paket pengeluaran pemerintah yang cukup besar.

Kantor Anggaran Kongres (Congressional Budget Office) AS telah memperkirakan bahwa defisit anggaran 2019 akan tercatat 960 miliar dollar AS.

Pembengkakan tersebut mendapatkan dorongan dari bea cukai, yang melonjak menjadi 64 miliar dollar AS sepanjang tahun fiskal berjalan dari 36,7 miliar dollar AS pada tahun sebelumnya.

CBO menaikkan perkiraan defisit tahun ini sebesar 63 miliar dollar AS setelah Trump menandatangani undang-undang kesepakatan anggaran dua tahun dua partai selama musim panas.

Pada bulan Agustus, Kongres menyetujui kesepakatan yang akan meningkatkan pengeluaran tambahan sebesar 320 miliar dollar AS selama dua tahun ke depan dan menangguhkan plafon utang sampai pertengahan 2021.

Komite untuk Anggaran Federal yang Bertanggung Jawab memperkirakan bahwa pemotongan pajak 2017 dikombinasikan dengan pengeluaran baru oleh kongres akan membuat utang federal membengkak hingga 4,1 triliun dollar AS pada tahun 2029.

 



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X