Impor Indonesia dari China Merosot Tajam

Kompas.com - 16/09/2019, 18:33 WIB
Ilustrasi. ShutterstockIlustrasi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik ( BPS) mencatat telah terjadi penurunan tajam impor non migas dari China pada Agustus 2019 dibandingkan Juli 2019.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, penurunan impor dari China merupakan yang terbesar dibandingkan dengan negara lain.

"Angka penurunanya mencapai 358,7 juta dollar AS," ujarnya di Kantor BPS, Jakarta, Senin (16/9/2019).

Pada Juli 2019, impor non migas dari China sebesar 4,1 miliar dollar AS. Sementara pada Agustus 2019 nilainya turun jadi 3,7 miliar dollar AS, atau turun 8,7 persen.

Baca juga: Impor dari China Turun Tajam, Alhamdulillah Neraca Dagang RI Surplus...

Sementara itu Januari-Agustus 2018 ke Januari-Agustus 2019, nilai impor dari China sebesar 28,4 miliar dollar AS, atau turun 1 persen.

Total nilai itu merupakan 29,1 persen dari total nilai impor non migas Indonesia selama Januari-Agustus 2019, atau yang terbesar dibandingkan negara lainnya.

Suhariyanto mengatakan, sejumlah komoditas impor dari China mengalami penurunan yakni aluminium turun 18,7 persen, Mesin dan peralatan listrik itu turun 9,7 persen serta besi dan baja turun 2,3 persen.

Penurunan nilai impor non migas dari China ini turut membuat neraca dagang Indonesia mengalami surplus 85,1 juta dollar AS pada Agustus 2019.

Baca juga: Menko Luhut: Esemka Disebut Mirip Produk China, Kurang Kerjaan...

Sayangnya penurunan impor dari China ini tidak cukup untuk mengubah realitas bahwa Indonesia masih tekor dalam peradangan dengan Negeri Tirai Bambu tersebut.

Sebab, neraca dagang Indonesia dengan China masih defisit 1,47 miliar dollar pada Agustus 2019 akibat nilai impor yang mencapai 3,74 miliar dollar AS sementara ekspornya hanya 2,27 miliar dollar AS.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X