Indeks Daya Saing Global Indonesia Turun Menjadi 50 Dunia

Kompas.com - 10/10/2019, 05:13 WIB
ilustrasi peta Indonesia THINKSTOCKS/NARUEDOMilustrasi peta Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Peringkat daya saing global Indonesia dalam Global Competitiveness Index 2019 turun lima peringkat berdasarkan laporan Forum Ekonomi Dunia ( World Economic Forum).

Seperti dikutip dalam laporan tersebut, Rabu (9/10/2019) Indonesia menduduki peringkat ke 50 dunia, dari yang sebelumnya posisi ke 45. Posisi tersebut sangat jauh tertinggal dengan negara kawasan lain seperti Singapura yang menduduki posisi pertama dunia, Malaysia di posisi ke 27 dan Thailand di posisi ke 40.

Namun, meski turun dari segi peringkat, secara keseluruhan aspek yang dinilai, skor Indonesia hanya turun 0,3 poin dengan total nilai skor keseluruhan 64,6 poin.

"Performa Indonesia secara mendasar tidak berubah," jelas laporan tersebut.

Meski merosot, posisi Indonesia dalam indeks tersebut masih lebih unggul dibandingkan negara kawasa Asia Tenggara lainnya. Indonesia lebih unggul dibanding dengan Vietnam yang menduduki posisi ke 67, Filipina di posisi 64, dan Laos di posisi 113.

Baca juga : SDM Unggul Mampu Dongkrak Daya Saing Nasional

Posisi tersebut pun juga lebih unggul jika disandingkan dengan India, negara yang kerap dibandingkan dengan Indonesia. Pada Indeks Daya Saing Global tahun ini, posisi India turun 10 peringkat, meski dari segi skor, penurununnya pun juga tidak begitu signifikan, yaitu 0,7 poin.

Di skala global, WEF menilai terdapat pengerucutan kesenjangan daya saing global. Sebab, rata-rata skor dari 142 negara yang terlibat dalam penilaian indeks ini sebesar 61 poin, hampir 40 poin lebih rendah dari batas atas skor indeks. Artinya, meski perekonomian global mengalami perlambatan, ada perbaikan dari segi kesenjangan daya saing.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X