Anda Shopaholic? Yuk Intip Trik Belanja Biar Hemat

Kompas.com - 12/10/2019, 10:22 WIB
ilustrasi Thinkstockphotos.comilustrasi

KOMPAS.com - Isi tabungan semakin hari makin berkurang? Atau bahkan sudah hampir habis meskipun sudah berusaha hidup hemat? Isi tabungan yang menipis bisa disebabkan karena kebiasaan belanja yang tidak terkontrol, lho!

Sehebat apapun penghematan dilakukan, tetapi bila seseorang sudah terlahir dengan sifat shopaholic, maka usaha berhemat sepertinya sangat sulit.

Berapapun uang yang ada di tangan sudah pasti habis atau bahkan kurang karena banyak yang ingin dibeli.

Apakah Anda Termasuk ‘ Shopaholic’?

Baca juga: Cerita Ketua OJK saat Coba-Coba Belanja Online

Istilah shopaholic sering ditujukan kepada para perempuan, karena dinilai punya kebiasaan belanja yang terkadang berlebihan. Memang, tak semua perempuan bisa dijuluki shopaholic, tapi sebagian besar pantas dijuluki dengan sebutan ini.

Jadi apakah Anda termasuk salah satunya? Jika ya, tidak perlu berkecil hati. Anda tidak perlu malu bila memiliki kebiasaan belanja yang tidak terkontrol.

Toh, ada banyak cara menghemat yang bisa dilakukan demi mengurangi pengeluaran untuk belanja. Tertarik ingin mencobanya? Simak beberapa triknya berikut ini seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Catat semua kebutuhan pada anggaran

Ilustrasi menulis.SHUTTERSTOCK Ilustrasi menulis.
Cewek shopaholic boleh saja dicap boros dan impulsif saat belanja. Tapi jangan salah, shopaholic tidak asal-asalan saat berbelanja lho!

Semua daftar barang yang ingin dibeli biasanya sudah dicatat ke dalam buku anggaran. Mulai dari barang kebutuhan pokok hingga kebutuhan pribadi.

Anggaran yang dibuat oleh para shopaholic juga tidak sembarang anggaran. Beberapa cewek shopaholic justru membuat anggaran secara terperinci guna menghindari belanja barang yang tidak dibutuhkan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X