Visa dan Mastercard Tak Lagi Dukung Libra, Ada Apa?

Kompas.com - 14/10/2019, 14:00 WIB
Libra Association Tech CrunchLibra Association

LONDON, KOMPAS.com - Raksasa pembayaran seperti Mastercard, Visa, Stripe, serta perusahaan e-commerce eBay memutuskan tidak lagi mendukung proyek mata uang kripto ( cryptocurrency) Libra yang diciptakan oleh Facebook.

Dilansir dari BBC, Senin (14/10/2019), berita mundurnya sejumlah perusahaan tersebut pertama kali diwartakan oleh Financial Times. Sebelumnya, PayPal juga pada pekan lalu memutuskan tak lagi mendukung Libra.

Mundurnya sejumlah perusahaan besar di bidang sistem pembayaran ini mencerminkan guncangan besar terhadap rencana Facebook meluncurkan Libra, yang digadang-gadang sebagai mata uang global.

Proyek Libra pun menuai pengawasan ketat dan regulator dan politisi, khususnya di AS.

CEO Facebook Mark Zuckerberg dijadwalkan hadir di Komite Jasa Keuangan AS pada 23 Oktober 2019 mendatang untuk mendiskusikan Libra dan rencana peluncurannya.

Baca juga: Mata Uang Virtual Libra Perlu Diwaspadai, Apa Sebab?

Regulator pun menyuarakan kekhawatiran terhadap Libra, termasuk risiko mata uang digital tersebut dapat digunakan untuk tindak pencucian uang.

Perusahaan pembayaran Mercado Pago yang melayani kawasan Amerika Latin juga mundur dari proyek Libra.

Artinya, dari enam perusahaan tahap awal yang mendukung Libra, hanya tinggal satu yang tersisa, yakni PayU yang berpusat di Belanda.

Adapun dalam pernyataan tertulis yang dirilis pada Jumat (11/10/2019) lalu, eBay mengaku menghormati proyek Libra.

"Akan tetapi, eBay telah membuat keputusan untuk tidak terus maju sebagai anggota pendiri. Saat ini, kami fokus untuk meluncurkan pengalaman pembayaran yang dikelola eBay bagi konsumen-konsumen kami," kata eBay.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Sumber BBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X