Facebook: Libra Mungkin Tak Jadi Terbit 2020

Kompas.com - 30/07/2019, 08:40 WIB
Ilustrasi logo Current dan logo Calibra CNETIlustrasi logo Current dan logo Calibra

NEW YORK, KOMPAS.com - Facebook menyebut bahwa Libra, mata uang digital besutannya, mungkin tidak akan terbit sesuai dengan yang ditargetkan, yakni tahun 2020.

Hal itu disampaikan dalam laporan triwulan Facebook yang baru-baru ini diterbitkan.

Dalam laporan itu disebutkan bahwa walaupun banyak investor dan masyarakat yang berharap Libra akan terbit tahun depan, namun banyak faktor yang mencegah hal itu terjadi.

Facebook menyatakan, terdapat faktor risiko berupa tekanan dari dari anggota parlemen dan regulator Amerika Serikat (AS) sejak proyek ini diumumkan pada pertengahan tahun ini.

"Libra telah mendapat pengawasan yang signifikan dari pemerintah dan regulator di berbagai yurisdiksi dan kami berharap pengawasan itu akan berlanjut," kata Facebook dalam dalam laporan triwulannya seperti dikutip dari CNBC, Selasa (30/7/2019).

Baca juga: OJK Pantau Serius Rencana Peluncuran Libra

David Marcus, yang menjadi ujung tombak pengembangan Libra dan proyek dompet digital Calibra di Facebook, sebelumnya mengatakan bahwa mata uang itu akan menjadi alat pembayaran alternatif yang lebih efisien, murah dan aman untuk orang-orang yang tidak mampu mentransfer uang menggunakan metode tradisional.

Sejak mengungkapkan rencana untuk Libra dan Calibra bulan lalu, perusahaan telah menghadapi kritik dari pejabat publik di AS dan luar negeri.

Awal bulan ini, Marcus memberikan kesaksian di hadapan Komite Perbankan Senat AS dan Komite Jasa Keuangan DPR. Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dan Ketua The Fed Jerome Powell juga telah menyuarakan keprihatinannya untuk Libra.

Baca juga: Facebook: Libra adalah Alat Pembayaran, Bukan investasi

Tak sampai itu, kata-kata serupa juga diajukan oleh Menteri Keuangan Prancis Bruno Le Maire dan Anggota Dewan Eksekutif Bank Sentral Eropa Benoit Coeure.

Menanggapi hal tersebut, juru bicara Facebook menyatakan, pihaknya akan terbuka dan bekerja sama dengan berbagai pihak berwenang dalam meluncurkan Libra.

"Kami tahu bahwa perjalanan untuk meluncurkan Libra akan panjang dan kami tidak bisa melakukan ini sendirian," kata juru bicara itu.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X