KILAS

Perluas Jaringan, Grab Resmi Buka Dapur Satelit di Bali

Kompas.com - 17/10/2019, 17:58 WIB
Peluncuran GrabKitchen, dapur satelit milik Grab di Renon, Bali, Kamis (17/10/2019). Dok Humas GrabPeluncuran GrabKitchen, dapur satelit milik Grab di Renon, Bali, Kamis (17/10/2019).
|


KOMPAS.com - Grab resmi mengoperasikan dapur satelit atau lebih dikenal dengan istilah cloud kitchen miliknya di Renon, Bali, Kamis (17/10/2019).

Grab mengumumkan bahwa dapur satelit yang dibuka tersebut merupakan cabang ke-20 di Tanah Air setelah pertama kali diperkenalkan melalui proyek pilot GrabKitchen pada 2018, dan kemudian diluncurkan pada April 2019.

“Kami bekerja sama dengan merchant terbaik untuk menyajikan ragam hidangan favorit di Bali dan menghadirkan GrabKitchen di Lokasi yang strategis,” ujar Head of Marketing GrabFood, Grab Indonesia, Hadi Surya Koe lewat siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis.

Hadi menambahkan, pihaknya berencana akan ada 50 GrabKitchen hingga akhir tahun 2019.

Konsep dapur satelit

Dalam operasionalnya, dapur satelit ini berbentuk layanan pesan antar terintegrasi dengan fitur GrabFood dalam aplikasi Grab.

GrabKitchen memanfaatkan data untuk mengidentifikasi dan memetakan kesenjangan permintaan pelanggan pada wilayah tertentu.

Tujuannya, untuk mendorong pertumbuhan bisnis mitra merchant GrabFood terutama pengusaha UMKM, sekaligus memberikan pelanggan pilihan santapan yang beragam.

Konsep dapur satelit, dijelaskan lebih lanjut dapat menekan biaya operasional karena sebagian besar kehiatannya memakai sistem layanan pesan antar. Dengan begitu, tak akan ada pengeluaran untuk biaya sewa tempat—yang biasanya menyerap biaya termahal para pengusaha makanan dan minuman.

Untuk lokasi GrabKitchen, Hadi menjelaskan sudah didasari analisis mendalam tentang pola perjalanan dan pemesanan makanan para pelanggan GrabFood. Untuk itu, pertimbangan untuk kategori merchant pun sesuai dengan hasil tersebut.

Grab menggandeng sejumlah merchant favorit untuk kerja sama operasional GrabKitchen di Renon, Bali.Dok Humas Grab Grab menggandeng sejumlah merchant favorit untuk kerja sama operasional GrabKitchen di Renon, Bali.

Di Bali, beberapa merchant favorit di antaranya Kopi nAu, Geprek Bensu, Nasi pdang Sepuluh Ribuan, Ayam Geprek Coobek, dan Ayam Geprek Bu Deasy.

“Kami menyambut baik kerja sama dengan GrabKitchen. Bagi kami, konsep cloud kitchen merupakan peluang bisnis baru yang menjanjikan. Investasi di GrabKitchen relatif rendah dibandingkan membuka cabang baru yang membutuhkan biaya besar, dari segi persiapan maupun operasional,” ujar pemilik Ayam Geprek Coobek Ida Ayu Intan Thriani.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X