Harapan Besar Pengusaha di Pundak Seorang Airlangga Hartarto

Kompas.com - 24/10/2019, 18:48 WIB
Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto sebelum pelantikan menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Presiden RI Joko Widodo mengumumkan dan melantik Menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju serta pejabat setingkat menteri. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOMenteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto sebelum pelantikan menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Presiden RI Joko Widodo mengumumkan dan melantik Menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju serta pejabat setingkat menteri.

JAKARTA,KOMPAS.com - Para pengusaha punya harapan besar kepada Airlangga Hartarto yang ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Koordinator Perekonomian dalam Kabinet Indonesia Maju 2019-2024. 

Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI) Sany Iskandar misalnya, berharap Airlangga bisa membawa angin segar di bidang ekonomi, terutama bagi dunia usaha.

"Sekalipun beliau bukan ekonom, seperti Darmin, namun latar belakang beliau sebagai pengusaha, wawasannya luas dan cerdas, sehingga mungkin urusan-urusan terkait ekonomi makro tidak terlalu khawatir," ujarnya di Kantor Kementerian Perindustrian, Kamis (24/10/2019).

Baca juga: Airlangga Jadi Menko Perekonomian, Ini Pesan Darmin Nasution

Sany meyakini, dengan bekal segudang pengalaman di Kementerian Perindustrian, Airlangga bisa cepat memahami persoalan ekonomi dan mengambil keputusan secara tepat. Apalagi kata dia, Airlangga juga punya pengalaman di Komisi VI dan Komisi VII DPR.

Kedua komisi itu membidangi sektor yang terkait dengan ekonomi, mulai dari BUMN, perdagangan hingga energi dan sumberdaya mineral.

Di tempat yang sama, Sekretaris Jenderal Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (Himki) Abdul Subur juga mendukung Airlangga menjadi Menko Perekonomian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kalau Menkonya orang bisnis seperti Airlangga ini akan jauh lebih baik. Jadi saat beliau mengola kementerian sektoralnya itu akan lebih bagus, pasti orientasi ke nilai tambahnya kuat yang artinya ke hilirisasi. Jadi nanti sektor industrinya akan terkawal," ucapnya.

Baca juga: Jadi Menko Perekonomian, Begini Profil Airlangga Hartarto

Harapan lain datang dari Ketua Umum Asosiasi Aneka Keramik Indonesia (Asaki) Edy Suyanto. Edy berharap Airlangga segera bekerja menyelesaikan semua persoalan yang menyumbat perkembangan ekonomi Indonesia.

"Harapan besar kami beliau sebagai Menko sudah enggak asing lagi dengan persoalan ini sehingga bisa langsung kerja untuk industri," kata Edy.

Baca juga: Airlangga Hartarto, Akar Beringin di Lapangan Banteng

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.