Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harapan Besar Pengusaha di Pundak Seorang Airlangga Hartarto

Kompas.com - 24/10/2019, 18:48 WIB
Rina Ayu Larasati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com - Para pengusaha punya harapan besar kepada Airlangga Hartarto yang ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Koordinator Perekonomian dalam Kabinet Indonesia Maju 2019-2024. 

Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI) Sany Iskandar misalnya, berharap Airlangga bisa membawa angin segar di bidang ekonomi, terutama bagi dunia usaha.

"Sekalipun beliau bukan ekonom, seperti Darmin, namun latar belakang beliau sebagai pengusaha, wawasannya luas dan cerdas, sehingga mungkin urusan-urusan terkait ekonomi makro tidak terlalu khawatir," ujarnya di Kantor Kementerian Perindustrian, Kamis (24/10/2019).

Baca juga: Airlangga Jadi Menko Perekonomian, Ini Pesan Darmin Nasution

Sany meyakini, dengan bekal segudang pengalaman di Kementerian Perindustrian, Airlangga bisa cepat memahami persoalan ekonomi dan mengambil keputusan secara tepat. Apalagi kata dia, Airlangga juga punya pengalaman di Komisi VI dan Komisi VII DPR.

Kedua komisi itu membidangi sektor yang terkait dengan ekonomi, mulai dari BUMN, perdagangan hingga energi dan sumberdaya mineral.

Di tempat yang sama, Sekretaris Jenderal Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (Himki) Abdul Subur juga mendukung Airlangga menjadi Menko Perekonomian.

"Kalau Menkonya orang bisnis seperti Airlangga ini akan jauh lebih baik. Jadi saat beliau mengola kementerian sektoralnya itu akan lebih bagus, pasti orientasi ke nilai tambahnya kuat yang artinya ke hilirisasi. Jadi nanti sektor industrinya akan terkawal," ucapnya.

Baca juga: Jadi Menko Perekonomian, Begini Profil Airlangga Hartarto

Harapan lain datang dari Ketua Umum Asosiasi Aneka Keramik Indonesia (Asaki) Edy Suyanto. Edy berharap Airlangga segera bekerja menyelesaikan semua persoalan yang menyumbat perkembangan ekonomi Indonesia.

"Harapan besar kami beliau sebagai Menko sudah enggak asing lagi dengan persoalan ini sehingga bisa langsung kerja untuk industri," kata Edy.

Baca juga: Airlangga Hartarto, Akar Beringin di Lapangan Banteng

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com