Catat, Ini 5 Tips Aman Bertransaksi Online

Kompas.com - 08/11/2019, 06:41 WIB
KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMA

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kemajuan teknologi semakin memudahkan masyarakat dalam beraktivitas.

Di sisi lain, perkembangan teknologi juga membuka berbagai peluang risiko yang perlu diwaspadai. Salah satunya masalah pencurian data pribadi.

Jika tak hati-hati, bisa jadi data diri kita digunakan oleh segelintir oknum untuk tujuan yang tak baik.

Atas dasar itu, gaya hidup serba digital perlu diimbangi dengan kesadaran akan keamanan data pribadi. Khususnya dalam bertransaksi offline maupun online.

Baca juga: 75 Persen Transaksi Online di Asia Tenggara Gunakan Aplikasi Mobile

Head of Digital Banking Bank BTPN Irwan Tisnabudi mengatakan, keamanan bertransaksi akan semakin maksimal jika sibarengi dengan partisipasi aktif dari masyarakat untuk menjaga kerahasiaan data pribadi dan kehati-hatian dalam mengakses informasi di dunia digital.

“Di Jenius, kami percaya bahwa keamanan dan kenyamanan pengguna merupakan faktor penting. Untuk mendukung hal tersebut, Jenius melakukan update secara berkala pada teknologi maupun layanan,” ujar Irwan di Yogyakarta, Kamis (7/11/2019).

Irwan pun memberikan beberapa tipsnya agar data pribadi aman saat bertransaksi online.

Pertama, pengguna baiknya menggunakan alamat email dan password berbeda di tiap platform digital yang digunakannya.

“Transaksi perbankan keamanan merupakan hal utama, sebaikanya email dan passwordnyanya selalu berbeda-beda,” kata Irwan.

Langkah kedua, lanjut Irwan, pengguna wajib mengganti kata sandinya secara berkala. Sebab, dengan begitu oknum yang tak bertanggung jawab itu tak akan mudah mengakses data pribadi kita.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X