Dibuka Menguat, Pergerakan IHSG Dipengaruhi Rilis Data Ekonomi China

Kompas.com - 15/11/2019, 10:09 WIB
Ilustrasi bursa thikstockIlustrasi bursa

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG) pada Bursa Efek Indonesia (BEI) Jumat (15/11/2019) dibuka menguat 6.101,41.

Data RTI menunjukkan pada pukul 09.09 WIB, IHSG naik 0,04 persen atau 2,46 poin.

Ekonom PT Bank Permata Tbk Josua Pardede menyebutkan bahwa penguatan IHSG dipengaruhi oleh sektor infrastruktur dan komunikasi, finansial dan aneka industri yang dipengaruhi oleh sentimen dari eksternal setelah rilis data ekonomi China yang cenderung lebih rendah dari perkiraan.

“Investasi aset tetap China bulan Oktober tercatat 5,2 persen, lebih rendah dari ekspektasi 5,4 persen. Selain itu, produksi industri dan penjualan ritel bulan Oktober juga tercatat melambat ke masing-masing 4,7 persen dan 7,2 persen,” kata Josua kepada Komas.com.

Baca juga: Rupiah dan IHSG Kompak Melemah Hari Ini, Berikut Penyebabnya

Dari bulan sebelumnya, produksi industri China tumbuh 5,8 persen, sedangkan penjualan riteil bertumbuh 7,8 persen.

Josua menyebutkan bahwa data ekonomi China menunjukkan negara itu mengalami perlambatan pertumbuhan ekonomi, dimana ini berpotensi berlanjut hingga tahun depan.

Di samping itu, pada sesi perdagangan AS Kamis malam, dollar AS kembali diperdagangkan melemah terhadap safe haven currency setelah rilis data jobless claim AS pada pekan pertama November.

“Tercatat peningkatan menjadi 225.000 dollar AS yang diperdagangkan dari pekan sebelumnya 211.000 dolla AS. Sementara itu pidato (Gubernur bank sentral AS Federal Reserve) Jerome Powell tadi malam di Kongres juga belum memberikan sinyal baru terkait arah kebijakan moneter Fed jangka pendek ini,” terang Josua.

Josua memproyeksikan IHSG berada pada rentang rentang level 6.025 sampai level 6.125.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X