Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendagri: Tidak Ada Desa Fiktif, Hanya...

Kompas.com - 19/11/2019, 17:35 WIB
Mutia Fauzia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian dalam negeri membantah keberadaan desa fiktif yang akhir-akhir ini menjadi bahan perbincangan.

Direktur Fasilitasi Keuangan dan Aset Pemerintahan Desa Kemendagri Benny Irwan memaparkan, seluruh desa yang mendapat aliran dana desa benar-benar ada. Hanya saja, beberapa di antaranya tidak memenuhi syarat-syarat administrasi yang lengkap.

"Saya mengatakan tidak ada (desa fiktif). Kemarin sudah konferensi pers dengan Kemendagri, jadi desa itu ada, tidak ada desa fiktif. Memang ada desa yang perlu dikuatkan dalam hal-hal administratif," ujar Benny di Jakarta. Selasa (19/11/2019).

Baca juga: Kemenkeu Bekukan Aliran Dana Desa Tahap III ke Desa Fiktif

Dia pun mencontohkan beberapa kelengkapan administrasi desa kerap kali luput dan membuat keberadaan desa menjadi dipertanyakan. Misalnya persoalan adanya pejabat desa yang meninggalkan desanya dan pencatatan penduduk yang tidak sesuai dengan undang-undang.

Hal tersebut terungkap berdasarkan hasil verifikasi oleh tim Kemendagri di desa-desa yang diduga fiktif di Kabupaten Konawe, Sulawesi Selatan.

Keberadaan desa fiktif sebelumnya sempat disinggung pula oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Pasalnya menurut dia, desa-desa tersebut sengaja dibentuk hanya untuk bisa mendapatkan dana desa yang rutin disalurkan pemerintah kepada pemerintah desa setiap tahun.

Baca juga: Luhut: Saya Enggak Mau Lihat Investasi dengan Teknologi Kelas 2...

Sri Mulyani pun memaparkan beberapa indikator yang menunjukkan fiktif atau tidaknya suatu desa. Menurut dia, salah satu cirinya jumlah penduduk yang di bawah 100 orang.

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Astera Prima pun mengatakan bakal membekukan aliran dana desa tahap III ke desa-desa yang bermasalah. Dana desa tersebut seharusnya cair pada Desember 2019 mendatang.

"Kan ini kan jalurnya dari RKUN ke RKD tingkat 2 baru masuk ke rekening desa. Nah kami bisanya ke rekening daerah ini yang akan kami freeze sejumlah apa yang akan direkomendasikan Kemendagri," ujar dia.

Baca juga: Usai Sapu Bersih, Erick Thohir Akan Angkat Lima Pejabat Baru di BUMN

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com