4 Syarat Akselerasi Technopreneur di Indonesia

Kompas.com - 23/12/2019, 16:08 WIB
Ilustrasi The Next WebIlustrasi
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk membangun ekonomi digital yang masif, pemerintah harus terus mendorong pentingnya ekosistem inovasi melalui akselerasi technopreneur atau wirausaha yang memanfaatkan digitalisasi.

Deputi Kepala Bidang Pengkajian Kebijakan Teknologi (BPPT) Gatot Dwianto mengatakan, berdasarkan data Kemenristekdikti, jumlah wirausaha yang berbasis teknologi atau technopreneur berada di angka 0,43 persen pada 2017.

"Ini artinya wirausaha kita masih sedikit memanfaatkan teknologi, padahal banyak manfaatnya," ujarnya di Jakarta, Senin (23/12/2019).

Baca juga: Mau Mulai Bisnis? Simak 5 Mitos tentang Wirausaha

Berdasarkan data yang diperoleh dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet mencapai 171 juta jiwa pada 2019.

Dengan adanya technopreneur, khususnya bagi kaum milenial, diharapkan pengguna internet bisa menjadi pelaku ekonomi digital untuk meningkatkan ekonomi Indonesia.

Gatot juga mengatakan, untuk menunjang technopreneur, ada empat hal yang harus diperhatikan, meliputi penguatan SDM, penguatan teknologi, inkubator, dan pembiayaan regulasi.

Baca juga: Jadwal Operasional Bank-bank Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Berikut penjelasannya:

1. Penguatan sumber daya manusia (SDM)

Mindset atau pola pikir sumber daya manusianya harus diubah. Seorang technopreneur juga harus menjadi seseorang yang berani menanggung risiko, bukan menolak risiko.

"Mengubah mindset penting, kita ubah tujuannya menjadi luas yang awalnya pemikiran sempit bisa menjadi luas," lanjutnya.

Baca juga: Simak, Ini Cara agar Terhindar dari Tawaran Perumahan Syariah Bodong

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X