Milenial, Kini Beli Rumah Subsidi Bisa Lewat Aplikasi

Kompas.com - 26/12/2019, 16:12 WIB
ilustrasi aplikasi SiKasep KOMPAS.COM/RINA AYU LARASATIilustrasi aplikasi SiKasep

JAKARTA, KOMPAS.com - Kini membeli rumah bersubsidi bisa dilakukan menggunakan aplikasi.

Lembaga Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (LPDPP) memiliki aplikasi yang memudahkan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR)

MBR merupakan orang-orang yang memiliki pendapatan berkisar di bawah Rp 10 juta.

Baca juga: Produk Baru KPR Syariah, Nasabah Bisa Atur Besaran Cicilan Sendiri

Direktur Utama LPDPP Arief Sabaruddin menjelaskan, aplikasi rumah subsidi ini bernama  SiKasep dan diperuntukan kepada generasi milenial.

"Itu sekarang beli rumah bisa tinggal pake daster terus rebahan di kasur sambil buka handphone, karena sekarang kan senengnya kayak begitu," ucap Arief saat berada di Media Center Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan, Jakarta, Kamis (26/12/2019).

Aplikasi ini bisa diunduh melalui Google Play Store. Nantinya pengguna tinggal memasukan data diri seperti nomor KTP, NPWP, jumlah penghasilan per bulan dan nomor handphone.

Baca juga: Rencana Kredit Rumah, Cermati 4 Strategi Ini agar KPR Tidak Macet

Pengguna bisa memilih lokasi rumah idaman. Bila tersedia layanan rumah subsidi, maka pengguna bisa memilihnya dan juga memilih bank mana saja yang mendukung program ini.

Setelah memilih rumah dan bank, maka tinggal menunggu proses pengajuan.

Sepanjang 2015- 2019, pemerintah sudah menyalurkan subsidi untuk perumahan sebesar 470.953 unit kepada masyarakat dengan pendapatan Rp 3 juta - Rp 4 juta per buian.

Sementara itu sebanyak 355.783 unit diberikan kepada masyarakat dengan penghasilan Rp 2 juta hingga - Rp 3 juta per bulan.

Baca juga: KPR Syariah Makin Diminati Milenial, Apa Sebabnya?

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X