Kompas.com - 27/12/2019, 17:49 WIB
Plt Direktur Utama Garuda Indonesia, Fuad Rizal di Garuda Management Building Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (27/12/2019). KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONOPlt Direktur Utama Garuda Indonesia, Fuad Rizal di Garuda Management Building Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (27/12/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Penumpang maskapai Garuda Indonesia mengalami penurunan hingga kuartal III 2019. Penurunan ini ditengarai karena kenaikan harga tiket pesawat.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama Garuda Indonesia Fuad Rizal mengatakan, pada kuartal III 2019 penumpang yang menggunakan maskapai plat merah itu tercatat sebanyak 8,2 juta. Sedangkan di periode yang sama tahun lalu jumlah penumpangnya sebesar 10,3 juta.

“Karena penyesuaian harga (tiket pesawat) penumpang (Garuda Indonesia) turun 20,6 persen,” ujar Fuad di kantornya, Tangerang, Jumat (27/12/2019).

Penurunan jumlah penumpang itu terjadi untuk rute domestik maupun internasional. Di rute domestik, jumlah penumpang Garuda di kuartal III 2019 tercatat sebanyak 4 juta.

Baca juga: Mantan Dirut Garuda Ari Askhara Terancam Pidana Penjara

Jumlah itu menurun 18,83 persen dibanding periode yang sama pada tahun lalu, yakni 5 juta penumpang.

Selanjutnya, di rute internasional pada kuartal III 2019 jumlah penumpang Garuda sebanyak 1 juta. Di tahun lalu, penumpang Garuda sebanyak 1,1 juta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kendati penumpang Garuda turun, lanjut Fuad, pendapatan perusahaannya tak ikut turun di kuartal III 2019 ini. Pendapatan usaha Garuda tercatat malah naik sebesar 10,3 persen.

Kuartal III tahun ini, pendapatan usaha Garuda tercatat sebesar 1,35 miliar dollar AS. Di tahun lalu, pendapatan Garuda hanya 1,22 miliar dollar AS.

“Dari sisi revenue kami bisa dapat lebih baik dari sebelumnya,” kata Fuad.

Baca juga: Bos Garuda Sebut Tarif Per Kilometer Pesawat Lebih Murah dari Ojol



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.