Antisipasi Pelanggaran Hasil Audit KAP, Ini Langkah Kemenkeu

Kompas.com - 15/01/2020, 21:12 WIB
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Keuangan Hadiyanto di Jakarta, Rabu (15/1/2020). KOMPAS.com/Rully R. RamliSekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Keuangan Hadiyanto di Jakarta, Rabu (15/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus gagal bayar Jiwasraya membuat publik bertanya-tanya terhadap kredibilitas kantor akuntan publik ( KAP) yang mengaudit hasil laporan keuangan perusahaan plat merah tersebut.

Pasalnya KAP yang melakukan audit terhadap Jiwasraya disebut mendukung adanya pemolesan laporan keuangan perseroan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut kembali terulang, Kementerian Keuangan telah menyiapkan beberapa langkah antisipatif.

Baca juga: Kementerian BUMN Klaim Potensi Kerugian Kasus Asabri Lebih Kecil dari Jiwasraya

Sekretaris Jenderal Kemenkeu Hadiyanto mengatakan, langkah pertama yang dilakukan adalah mengintensifkan komunikasi dengan pelaku industri keuangan seperti KAP atau Akuntan Publik.

"Ini untuk memastikan lesson learned (pembelajaran) dan pelaksanaan evaluasi, monitoring kita itu seperti apa tahun-tahun sebelumnya," ujar dia di Jakarta, Rabu (15/1/2020).

Proses sosialisasi ini akan dilakukan dengan berkaca terhadap kasus-kasus pelanggaran audit yang dilakukan KAP atau AP.

Baca juga: Pengembalian Dana Nasabah Harus Tunggu sampai Jiwasraya Dapat Untung

Kemudian, Kemenkeu juga akan mengembangkan kualitas pembinaan terhadap KAP atau AP. Ke depannya, langkah pembinaan akan mengacu kepada standar-standar akuntansi skala internasional.

"Kita juga meningkatkan kualitas pembinaan melalui preferensi berbagai standar audit yang lebih more international practices," kata Hadiyanto.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X