Selain ASEAN, Bank Mandiri Kaji Rencana Ekspansi ke Korea

Kompas.com - 24/01/2020, 14:56 WIB
Ilustrasi Bank Mandiri. Rafapress/SHUTTERSTOCKIlustrasi Bank Mandiri.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk masih menjadi satu-satunya bank asal Indonesia yang berencana ekspansi ke regional maupun non-regional seperti Korea Selatan.

Direktur Utama Bank Mandiri Royke Tumilaar mengatakan, bank bersandi saham BMRI itu tengah melakukan kajian model bisnis yang pas untuk ekspansi, seperti joint venture (JV), akusisi bank, multifinance, atau buka cabang.

"Kami lihat dengan kemampuan kami. Enggak bisa juga kami akuisisi tanpa kemampuan. Dan sinerginya juga harus terjadi, kalau enggak, ngapain gitu. Harusnya kan value-nya bisa lebih dari yang ada sekarang," kata Royke di Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Baca juga: Bank Mandiri Bukukan Laba Rp 27,5 Triliun Sepanjang 2019

Royke bilang, pengkajian model bisnis akan disesuaikan dengan momentum pertumbuhan yang tengah menarik. Sehingga, dia belum bisa memastikan akan lebih dulu berekspansi di regional (Asean) atau di luar regional. Namun kajian-kajian akan terus berjalan.

"Semua paralel jalan, kan momentum. Kami lihat semua potensi-potensi itu, mana yang paling menarik. Enggak harus besar, mulai dari kecil pun kalau kami yakin bisa grow, bisa bikin bisnis modelnya tumbuh bagus, kami lakukan," ujar Royke.

Kendati bakal mengakuisisi, Royke mengaku tak menutup kemungkinan untuk membesarkan anak usaha melalui penyuntikan modal. Dia ingin semua kemajuan yang dilakukan perbankan menciptakan nilai tambah.

Baca juga: 2019, Bank Mandiri Gelontorkan Kredit Sindikasi 3,4 Miliar Dollar AS

"Jadi itu saya bilang, opportunity itu enggak cuma akuisisi tapi membesarkan anak usaha. Ternyata mungkin disana NPF lebih bagus, maka kami dorong. Jadi banyak sinergi enggak harus perusahaan itu untung, langsung kami ambil. Harus create value," pungkas dia.

Sebelumnya diberitakan, Direktur Treasury, International Banking & SAM Darmawan Junaidi mengaku Bank Mandiri akan ekspansi ke 3 negara meliputi Filipina, Malaysia, dan Vietnam.

Model bisnis ekspansi 3 negara itu pun berbeda-beda. Di Filipina, Bank Mandiri berencana mengakuisisi bank lokal. Sementara di Vietnam, Bank Mandiri berencana akan membuka kantor baru di negara tersebut. Layanan yang ditawarkan adalah konsumer dan pembiayaan mikro (micro financing).

"Kemarin ada arrangement terkait dengan qualified Asian Bank itu di Malaysia, tapi masih dikaji," ungkap Darmawan.

Baca juga: Aturan Baru soal Impor via E-Commerce Segera Berlaku, Bagaimana untuk Barang dari Batam?

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X