Ini Kata AP II Soal 150 Turis China yang Tiba di Sumbar

Kompas.com - 26/01/2020, 17:55 WIB
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno  sambut wisatawan asal Cina di Bandara Internasional Minangkabau, Minggu (26/1/2020) Dok: Humas Pemprov SumbarGubernur Sumbar Irwan Prayitno sambut wisatawan asal Cina di Bandara Internasional Minangkabau, Minggu (26/1/2020)

JAKARTA, KOMPAS.com - Vice President Corporate Communication PT Angkasa Pura II (Persero) Yado Yarismano membenarkan adanya 150 turis asal China yang tiba di Bandara Internasional Minangkabau, Padang Pariaman, Sumatera Barat, pada Minggu (26/1/2020).

Meskipun muncul kekhawatiran tersebarnya virus corona, namun AP II mengatakan para turis  asal Kungmin dan Yunnan tersebut telah melalui prosedur pemeriksaan kesehatan.

"Sehubungan dengan ini kami dari pihak bandara telah bekerja sama dengan kantor kesehatan pelabuhan untuk melakukan tindakan pencegahan untuk mengantisipasi virus corona ini. Seperti memasang body heat camera, dan lain-lain," katanya kepada Kompas.com, Jakarta, Minggu (26/1/2020).

Baca juga: Merebak Virus Corona, Harga Saham Perusahaan Vaksin Ini Melonjak

AP II mengatakan, para turis China melakukan penerbangan charter flight atau bukan regular flight. Sebab Menurut Yado, tidak ada dari penerbangan langsung dari China ke Padang atau sebaliknya.

"Itu sifatnya hanya charter flight, bukan regular flight," ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyambut kedatangan 150 wisatawan asal Kota Kunming, Provinsi Yunan, China, yang mendarat di Bandara Internasional Minangkabau.

Para wisatawan itu tiba dengan pesawat Citilink yang dicarter pada Minggu (26/1/2020) sekitar 06.24 WIB.

Baca juga: Lion Air: 7 Penumpang Asal China yang Tiba di Manado Negatif Virus Corona

Kementerian Perhubungan melarang maskapai Indonesia untuk sementara waktu terbang ke Wuhan, China. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi masuknya wabah virus corona ke Indonesia.

Saat ini ada dua maskapai penerbangan nasional yang memiliki rute penerbangan ke Kota Wuhan yaitu Sriwijaya Air dan Lion Air.

Hingga hari ini, terdapat 13 negara yang terkonfirmasi terinfeksi virus mematikan tersebut hanya dalam hitungan hari. Diantaranya, Kanada, China, Jepang, Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, Amerika Serikat, Vietnam, Nepal, Perancis, dan Australia.

Baca juga: Antisipasi Virus Corona, Kemenhub Larang Maskapai Nasional Terbang ke Wuhan

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X