Blusukan ke Kapal Selam Made in Surabaya, Jokowi: Wah, Canggih!

Kompas.com - 28/01/2020, 11:23 WIB
Jokowi meninjau kapal selam PT PAL KRI Alugoro-405 (Instagram Jokowi) Jokowi meninjau kapal selam PT PAL KRI Alugoro-405 (Instagram Jokowi)Jokowi meninjau kapal selam PT PAL KRI Alugoro-405 (Instagram Jokowi)

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur, hari ini, Selasa (28/1/2020). Salah satu lokasi yang disambanginya yakni galangan kapal milik PT PAL Indonesia (Persero) yang berada di Surabaya.

Bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Jokowi melakukan peninjauan kapal selam pertama buatan dalam negeri, KRI Alugoro-405.

Kapal selam Alugoro merupakan produk ketiga dari batch pertama kerja sama pembangunan kapal selam PT PAL dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME), Korea Selatan.

Mantan Wali Kota Solo ini masuk ke dalam kapal selam untuk melihat fasilitas dan kecanggihan alutsista (alat utama sistem senjata) yang terpasang di dalamnya.

"Beginilah suasana ruang dalam KRI Alugoro-405, kapal selam buatan PT PAL Indonesia (Persero) kerja sama dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering, Korea Selatan," kata Jokowi dikutip dari akun Instagramnya.

Baca juga: Sri Mulyani: Alugoro Jadikan Indonesia Satu-satunya Negara di Asia Tenggara yang Mampu Bangun Kapal Selam

Menurutnya, kapal selam buatan anak bangsa ini tak kalah canggih dengan kapal selam buatan negara maju. Ukurannya pun terbilang jumbo di kelasnya.

"Saya memasuki kapal selam yang tengah bersandar di tepi dermaga PAL di Surabaya ini. Wah, canggih. Panjangnya 61,3 meter, kecepatan maksimal saat menyelam 21 knot, dan kecepatan maksimal di permukaan 12 knot," ucapnya.

Dikatakan Jokowi, kapal selam ini merupakan kerja sama dengan Korea Selatan dalam pembangunan industri pertahanan dalam negeri.

Selain kapal selam, kedua negara juga sepakat mengembangkan pesawat jet tempur yang diproduksi di kedua negara dengan skema transfer teknologi.

"KRI Alugoro-405 adalah kapal selam ketiga dari batch pertama yang diproduksi dalam kerja sama dengan Korea Selatan itu. Tentu ada transfer teknologi di dalamnya," ungkap Jokowi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X