4 Cara Membangun Budaya Belajar di Tempat Kerja

Kompas.com - 05/02/2020, 07:01 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menciptakan budaya belajar di tempat kerja adalah soal membina lingkungan yang memberdayakan orang untuk mengejar pengetahuan. Ini penting untuk evolusi individu, tetapi juga penting untuk pertumbuhan perusahaan secara keseluruhan.

Jadi jika Anda ingin menumbuhkan budaya belajar Anda dibawa ke bisnis, maka itu sangat memungkinkan. Mengutip dari Entrepreneur, Rabu (5/2/2020) ada 4 cara yang dapat Anda lakukan.

1. Ajari tim Anda memberikan Feedback

Agar ada budaya belajar, karyawan Anda perlu belajar cara memberi dan menerima umpan balik, respon atau feedback. Banyak manajer dan anggota tim memberikan respon yang positif jadi kadang-kadang mudah untuk membiarkan segala sesuatunya merosot.

Baca juga: 9 Tahun Lagi, Anak Usaha Pertamina Ini Terancam Stop Produksi

Mereka takut memberikan feedback atau respon yang negatif padahal ada kekuatan tersendiri dibalik respon yang negatif.

Karyawan perlu dibuat sadar akan keterbatasan mereka untuk memicu rasa ingin tahu dan keinginan mereka untuk belajar dan berkembang. Tetapi yang penting adalah memberikan respon negatif yang diberikan secara konstruktif.

2. Gunakan pelatihan peer-to-peer

Bersamaan dengan mengajar, tim Anda dapat memberikan respon yang konstruktif dan dapat menggunakan pelatihan peer to peer untuk menciptakan budaya belajar di tempat kerja.

Anda dapat memfasilitasi pelatihan peer to peer dengan hanya memasangkan anggota tim senior dan anggota tim junior.

Atau Anda perlu mengambil pelatihan peer to peer ke tingkat berikutnya dengan menerapkan program yang mirip dengan google yaitu program Googler to Googler.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X