Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Beli Sukuk SR012, Beli Secara Online di Sini

Kompas.com - 02/03/2020, 12:24 WIB
Ade Miranti Karunia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menawarkan seri terbaru Sukuk Ritel SR012 kepada masyarakat.

PT Mandiri Sekuritas (Mandiri Sekuritas) sebagai salah satu mitra untuk distribusi, mengajak masyarakat untuk membel SR012.

Produk ini ditawarkan mulai 24 Februari hingga 18 Maret 2020 dan dapat diakses secara online melalui sbn.most.co.id.

“Dengan memiliki produk SR012, investor tidak perlu kuatir bila ada kebutuhan untuk pencairan dana sebelum jatuh tempo karena dapat diperdagangkan di pasar sekunder antar investor domestik. Selain itu, berinvestasi di SR012 adalah wujud nyata kontribusi kita sebagai WNI terhadap negara," ujar SEVP Mandiri Sekuritas Theodora VN Manik melalui keterangan tertulisnya, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Baca juga: Lelang Sukuk, Pemerintah Kebanjiran Tawaran hingga Rp 60,5 Triliun

SR012 menawarkan lima manfaat bagi para investor yaitu, aman karena dijamin oleh pemerintah, mudah diakses secara online, menarik dengan imbalan tetap 6,30 persen per tahun. Selain itu harga yang ditawarkan terjangkau mulai dari Rp 1 juta, dan dapat diperdagangkan di pasar sekunder.

Adapun tenor atau jangka waktu investasi SR012 adalah selama tiga tahun. Penerimaan kupon dibayarkan setiap bulan di tanggal 10 terhitung mulai 10 April 2020.

Produk ini merupakan instrumen Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) yang dikelola berdasarkan prinsip syariah, tidak mengandung unsur judi (maysir), ketidakjelasan (gharar), riba (usury), serta telah dinyatakan sesuai syariah oleh Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

Penerbitan SR012 menggunakan akad Ijarah atau akad kemanfaatan dengan imbalan dari keuntungan hasil kegiatan investasi.

Hasil penjualan SR012, lanjut Theodora, akan digunakan untuk mendanai kebutuhan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020. Salah satu program utama pemerintah adalah Menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang Unggul melalui pengelolaan anggaran untuk pendidikan dan infrastruktur, perumahan dan kesehatan masyarakat.

Baca juga: Ini Cara Beli Sukuk Ritel SR012, Investasi Mulai Rp 1 Juta

“Berinvestasi pada produk SBN adalah salah satu solusi untuk menghadapi tantangan ekonomi karena dapat menjaga nilai aset dan meraih keuntungan pasti. Kehadiran SR012 dapat menjadi pilihan untuk meraih kemapanan di masa depan,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com