Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Disetop, Ini Kata Kemenhub

Kompas.com - 02/03/2020, 11:58 WIB
Suasana Tunnel Walini saat pengerjaan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (14/5/2019). Pembangunan Proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung (KCJB) mencapai babak baru setelah Tunnel Walini di Jawa Barat berhasil ditembus yang pengerjaannya dilaksanakan selama 15 bulan, dengan panjang 608 meter menjadi tunnel pertama dari 13 tunnel KCJB lainnya yang berhasil ditembus. ANTARA FOTO/M AGUNG RAJASASuasana Tunnel Walini saat pengerjaan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (14/5/2019). Pembangunan Proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung (KCJB) mencapai babak baru setelah Tunnel Walini di Jawa Barat berhasil ditembus yang pengerjaannya dilaksanakan selama 15 bulan, dengan panjang 608 meter menjadi tunnel pertama dari 13 tunnel KCJB lainnya yang berhasil ditembus.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memutuskan untuk menghentikan sementara konstruksi Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Proyek kereta cepat pertama di Indonesia itu dinilai menjadi penyebab genangan banjir di ruas Tol Jakarta-Cikampek.

Merespon keputusan tersebut, Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Djoko Sasono mengatakan, pihaknya akan melakukan pembahasan lebih lanjut.

Baca juga: Proyek Kereta Cepat Dihentikan, Erick Thohir Minta Ini ke PT KCIC

Pembahasan tersebut akan dilakukan untuk menentukan langkah apa yang nantinya akan diambil oleh Kementerian Perhubungan.

"Kami sih mendengarkan dulu lah ya banyak sekali masukan-masukan. Nanti tentu saja pastinya kami akan melakukan komunikasi internal pemerintah untuk mengambil langkah-langkah," tutur dia di Jakarta, Senin (2/3/2020).

Sejauh ini, Djoko belum bisa memastikan apakah keputusan Kementerian PUPR akan berdampak terhadap proses pembukaan investasi di proyek tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Intinya saat ini kami sedang menjaring mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya untuk kita mengambil langkahnya lebih lanjut," ucap dia.

Baca juga: Picu Banjir, Proyek Kereta Cepat JKT-BDG Distop Mulai Hari Ini

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.