Dollar AS Anjlok, Rupiah Makin Moncer

Kompas.com - 04/03/2020, 16:40 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada penutupan perdagangan di pasar spot Rabu (4/3/2020) kembali menguat signifikan.

Mengutip data Bloomberg, rupiah ditutup pada level Rp 14.112 per dollar AS. Rupiah menguat 170 poin sebesar 1,19 persen dibanding penutupan Selasa Rp 14.284 per dollar AS.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim menyebutkan keputusan The Fed yang tiba-tiba menurunkan suku bunga lebih tinggi dari sebelumnya menjadi sentimen positif bagi rupiah dimana nilai tukar dollar AS terhadap rupiah melemah.

Baca juga: Pemangkasan Suku Bunga oleh Bank Sentral AS Bikin Rupiah Moncer

"Tidak tanggung-tanggung, Federal Funds Rate langsung dipotong 50 basis poin (bps) menjadi 1-1,25 persen. Kali terakhir The Fed menurunkan suku bunga acuan lebih dari 25 bps dalam sekali rapat adalah pada 2008, kala dilanda krisis ekonomi," kata Ibrahim.

Tak hanya melemah terhadap nilai tukar rupiah, dollar AS juga melemah terhadap beberapa mata uang Asia lainnya seperti yuan China dan dollar Singapura.

Melansir data RTI, nilai tukar dollar tehadap yuan China turun 0,56 persen dan terhadap dollar Singapura turun 0,22 persen.

Di sisi lain, efek stimulus dari BI masih berlanjut pada hari ini. Sentimen pelaku pasar terangkat dan kembali masuk ke aset dengan imbal hasil tinggi, salah satunya rupiah.

"Baik BI dan The Fed mengambil langkah cepat, guna membantu roda perekonomian, akibat wabah virus corona yang diprediksi menekan pertumbuhan ekonomi global," tegasnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X