Bos Bank Mega: Akibat Corona, Ekonomi Global Bisa Tumbuh di Bawah 2,8 Persen

Kompas.com - 05/03/2020, 15:15 WIB
Direktur Utama Bank Mega Kostaman Thayib dalam pemaparan Bank Mega Public Expo periode 2019 di Jakarta, Kamis (5/3/2020). KOMPAS.com/ELSA CATRIANADirektur Utama Bank Mega Kostaman Thayib dalam pemaparan Bank Mega Public Expo periode 2019 di Jakarta, Kamis (5/3/2020).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Bank Mega Kostaman Thayib mengatakan, jika tahun lalu pertumbuhan ekonomi secara global dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia dipengaruhi oleh perang dagang dan geopolitik, maka tahun ini tantangannya ialah virus corona.

Ia menyebutkan pertumbuhan ekonomi dunia turun cukup besar dari 3,6 persen menjadi 2,9 persen dipengaruhi oleh tantangan global selama 2019, terutama masalah proteksionisme dan geopolitik perang dagang AS-China, Brexit dan demo di Hongkong.

"Informasi isu terkahir yang dihadapi masyarakat dunia tahun 2020 ini adalah isu corona. Isu ini tentunya memenuhi semua media termasuk media sosial sehingga membuat masyarakat panik dan takut," ujarnya dalam Public Expo Bank Mega 2019 di Jakarta, Kamis (5/3/2020).

Baca juga: Bank Mega: Aset Kami Kini Rp 101 Triliun, Pecah Telur...

Kostaman juga mengatakan dampak dari virus corona ini akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi global 2020.

Ia memperkirakan ekonomi global yang semula diprediksi tumbuh 3,3 persen, kini berpotensi turun menjadi 2,8 persen.

Ia juga berpendapat apabila corona merebak ke 77 negara maka pertumbuhan ekonomi global bisa saja turun di bawah 2,8 persen.

"Apabila Corona berkembang semakin lama dan merebak ke 77 negara seperti Korea Selatan, Iran, Italia, Jepang dan banyak lainnya bukan mustahil pertumbuhan ekonomi dunia bisa lebih rendah lagi dari 2,8 persen dan perekonomian Indonesia juga turun menjadi 5,02 persen," jelasnya.

Baca juga: Ini Tanggal Pengumuman Hasil SKD CPNS



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X