4 Hal Penting Yang Perlu Dilakukan Sebelum Resign

Kompas.com - 11/03/2020, 10:51 WIB
Ilustrasi resign. SHUTTERSTOCKIlustrasi resign.

JAKARTA, KOMPAS.com – Mungkin ada beberapa hal yang membuat Anda ingin berhenti dari pekerjaan. Namun kebanyakan dari Anda melakukan cara yang salah dan tidak bermartabat usai berhenti dari pekerjaan lama Anda.

Padahal, perusahaan yang Anda tuju membutuhkan rekomendasi dari perusahaan lama Anda untuk bahan referensi.

Melansir CNBC, Rabu (11/3/2020), Profesor dari Universitas Stanford, Dave Evans mengatakan, Anda harus menyiapkan pengunduran diri Anda untuk menyambut kesuksesan Anda pada karir selanjutnya.

Baca juga: Mau Memutuskan Resign? Ini Etika yang Perlu Diperhatikan

“Anda harus memberi memori dan kesan yang sangat kuat sebelum pergi. Itulah cara terakhir yang bisa Anda lakukan dan sangat penting untuk memperbaikinya,” kata Evans.

Adapun empat langkah penting yang bisa Anda lakukan untuk melancarkan keputusan Anda resign, antara lain :

1. Tinggalkan kesan baik

Salah satu hal penting agar Anda diingat diperusahaan lama karena hal positif yang Anda lakukan, adalah dengan memberikan kesan positif pada rekan kerja Anda. Misalkan saja memberikan sedikit pengetahuan Anda kepada rekan kerja lainnya.

Dengan begini, tidak hanya akan membuat rekan kerja Anda sukses, tetapi juga akan meningkatkan kepercayaan diri Anda dan meningkatkan referensi Anda untuk pekerjaan Anda selanjutnya. Terlebih lagi, sikap ini akan membuat Anda diingat lama setelah Anda pergi.

2. Review ulang jaringan Anda

Memiliki link atau jaringan dalam pekerjaan adalah suatu hal terpenting yang bisa Anda jadikan rujukan dimasa depan kala Anda mencari pekerjaan baru.

Pastikan untuk memiliki jaringan yang sebelum Anda meninggalkan kantor lama Anda. Luangkan waktu untuk mempererat hubungan rekan–rekan kerja Anda.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber CNBC
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X