Wisma Atlet untuk Isolasi Pasien Corona, Sri Mulyani Koordinasi dengan BNPB

Kompas.com - 18/03/2020, 17:31 WIB
Wisma Atlet Kemayoran KOMPAS.com/ VERRYANA NOVITA NINGRUMWisma Atlet Kemayoran

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pihaknya tengah berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) untuk memanfaatkan wisma atlet sebagai lokasi isolasi pasien yang terindikasi positif terinfeksi virus corona (Covid-19).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menyampaikan, tempat isolasi tersebut bukan hanya akan dimanfaatkan oleh pasien dengan gejala yang membutuhkan bantuan tenaga medis, melainkan juga pasien yang tidak menunjukkan gejala, tetapi berisiko menyebarkan virus.

" Wisma atlet yang kemarin digunakan untuk Asian Games di Kemayoran sampai saat ini belum digunakan dan paling siap dari sisi fasilitas listrik, air, tempat tidur. Kami sedang meminta BNPB untuk menyiapkan agar menjadi tempat isolasi," ujar Sri Mulyani dalam video conference di Jakarta, Rabu (18/3/2020).

Baca juga: Absen karena ODP Corona, Pekerja Swasta Harus Dapat Gaji Full

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir juga telah berencana menyulap Hotel Patra Comfort, Jakarta, untuk menampung orang dalam pemantauan (ODP) virus corona.

Selain itu, di Rumah Sakit Pertamina Jaya juga telah tersedia ruangan untuk pasien corona.

“Jadi nanti yang 65 itu (tempat tidur di RS) ditambah 52 (tempat tidur) yang di hotel untuk ODP, jadi safe house,” ujar Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga dalam keterangannya, Selasa (17/3/2020).

Baca juga: BUMN Pesan Alat Tes Corona dari China yang Bisa Deteksi dalam 15 Menit

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X