Siap-siap, 33.000 Ton Gula Pasir Bakal Digelontorkan di Jakarta

Kompas.com - 18/03/2020, 20:32 WIB
Ilustrasi gula pasir. shutterstockIlustrasi gula pasir.

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Kementerian Perdagangan Veri Anggrijono mengatakan, sebanyak 33.000 ton gula pasir siap digelontorkan ke wilayah DKI Jakarta setiap hari.

Kebijakan ini berlaku mulai hari ini, Rabu, (18/3/2020).

Pasokan tersebut diharapkan dapat mengisi pasar ritel sehingga warga mampu membelinya sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp 12.500.

Baca juga: Harga Gula Pasir Mulai Menanjak Naik

"Kami harap dengan terisinya pasar ritel ini, harga yang berkembang di pasar lain dapat segera turun dan masyarakat dapat konsumsi dengan harga yang ditetapkan, Rp 12.500," kata Veri dalam konferensi video, Rabu (18/3/2020).

Adapun pasokan gula itu didapat dari kesepakatan antara pengusaha dengan PKTN saat pihaknya melakukan pengawasan bersama Satgas Pangan pusat dan daerah beserta gubernur setempat.

"Kami melakukan pengawasan di Lampung dan kami temukan beberapa pengusaha masih punya stok dapat memenuhi untuk wilayah Lampung dan Jawa, terutama Jakarta untuk dipasok," ucap Veri.

Penemuan pasokan itu membuat Ditjen PKTN menginstruksikan pengusaha dan stakeholder terkait membuat kesepakatan. Pengusaha pun setuju untuk menggelontorkan 33.000 ton gula pasir.

"Kurang lebih yang disepakati 33.000 ton di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Untuk daerah Jakarta dan sekitarnya ini disepakati digelontorkan mulai hari ini dan seterusnya. Per hari akan digelontorkan sekitar 33.000 ton," sebut Veri.

Baca juga: Pembelian Gula Dibatasi, Karena Panic Buying atau Stok Kurang?

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X