Rupiah Menguat Jadi Rp 15.920, Ini Kata Gubernur BI

Kompas.com - 09/04/2020, 15:25 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memimpin konferensi pers hasil Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia di Jakarta, Kamis (24/10/2019). KOMPAS/PRIYOMBODOGubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memimpin konferensi pers hasil Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia di Jakarta, Kamis (24/10/2019).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot dalam beberapa hari terakhir bergerak stabil dan cenderung menguat. Pada Kamis (9/4/2020), rupiah dibuka menguat.

Mengutip data Bloomberg, rupiah dibuka pada level Rp 16.205 per dollar AS atau menguat 44 poin (0,27 persen) dibandingkan penutupan Rabu pada level Rp 16.250 per dollar AS.

Kemudian tepat pada pukul 14.25 WIB, rupiah menguat 330 poin atau 2,03 persen di level Rp 15.920 per dollar AS.

Baca juga: Soal PSBB dan Mudik, Luhut Koordinasi Intensif dengan Pemda

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, menguatkan nilai tukar lebih banyak dibawa oleh mekanisme pasar. Hal ini membuat Bank Indonesia mengurangi kebutuhan intervensi di pasar uang.

"Perkembangan itu menunjukkan bahwa Alhamdulillah dengan rahmat Allah. Berbagai ikhtiar kita diberikan rahmat oleh Allah sehingga rupiah bergerak stabil bahkan menguat," kata Perry dalam konferensi video, Kamis (9/4/2020).

Menguatnya nilai tukar membuat Perry semakin yakin nilai tukar rupiah terhadap dollar AS akan menguat Rp 15.000 hingga akhir tahun 2020. Sebab saat ini, secara fundamental nilai tukar rupiah masih undervalue.

"Saat ini nilai tukar kalau diukur secara fundamental, diukur dari terkendalinya inflasi, CAD, perbedaan suku bunga dalam dan luar negeri, menunjukkan nilai tukar rupiah masih undervalue (masih ada kecenderungan menguat)," ujar Perry.

Baca juga: Ini 10 Anak Muda Terkaya di Dunia, Usia Belum Genap 30 Tahun

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X