Gubernur BI: PSBB Bawa Sentimen Positif untuk Investor

Kompas.com - 10/04/2020, 08:08 WIB
Gubernur BI Perry Warjiyo DOKUMENTASI BANK INDONESIAGubernur BI Perry Warjiyo

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia ( BI) Perry Warjiyo mengatakan, penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB) di wilayah DKI Jakarta yang mulai berlaku hari ini, Jumat (10/4/2020) akan membawa dampak positif pada pasar keuangan.

Dia menuturkan, PSBB merupakan salah satu langkah yang diambil pemerintah untuk mencegah penyebaran virus. Pencegahan inilah yang membuat sentimen positif para investor semakin tinggi.

"Semakin cepat kita bisa mengatasi Covid-19, itu akan semakin baik. Tidak hanya dampaknya terhadap aspek kemanusiaan dan kesehatan, tapi juga dampaknya terhadap ekonomi akan lebih rendah," kata Perry dalam konferensi video, Kamis (9/4/2020).

Baca juga: Prediksi BI: Inflasi April 0,2 Persen, Rendah dan Terkendali

Adapun saat ini, sentimen para investor berangsur membaik. Kondisi risiko di global berangsur membaik terlihat dari indikator volatilitas pasar keuangan (Volatility Index/VIX).

VIX merupakan indikator ketakutan pasar (fear index) yang mengukur ekspektasi volatilitas dari pasar.

Perry penyebut, indeks VIX sempat berada di level 18,8 sebelum akhirnya pada minggu ke-2 hingga ke-3 maret meninggi di level 82 akibat wabah virus corona.

Namun belakangan, indeks VIX kembali menurun menjadi 43,3 didorong oleh kebijakan di berbagai negara.

"Saya tidak mengatakan pulih, masih naik turun. Tapi dibandingkan dengan minggu kedua dan ketiga Maret itu membaik," ungkap Perry.

Baca juga: Gubernur BI: Kita Upayakan Pertumbuhan Ekonomi Tidak Lebih Rendah dari 2,3 Persen

Membaiknya sentimen positif investor membuat nilai tukar rupiah semakin menguat dalam beberapa hari terakhir.

Bahkan, penguatan rupiah lebih dipengaruhi oleh aktifitas jual beli di pasar sehingga BI mengurangi kebutuhan intervensi.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X