Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PSBB Berlaku, Harga Tiket Bus Bakal Naik?

Kompas.com - 09/04/2020, 20:30 WIB
Yoga Sukmana

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Sehubungan dengan diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Mulai tanggal 10 April hingga 24 April 2020, pengusaha bus akan lakukan penyesuaian harga tiket.

Ketua Umum Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI) Kurnia Lesani menyebut, dengan diberlakukannya PSBB pastinya akan berdampak secara langsung kepada otobus, pihaknya juga akan melakukan penyesuaian harga tiket walaupun menurutnya akan berimbas pada daya beli masyarakat yang belum tentu ada.

"Yang pasti kami lakukan mengikuti protokol PSBB dengan melakukan social distancing di dalam bus dengan menerapkan penjualan tiket 50 persen dari kapasitas," ujar Kurnia kepada kontan.co.id, Kamis (09/4/2020).

Baca juga: Selama PSBB, Grab Minta Tetap Diperbolehkan Angkut Penumpang

Kurnia juga menjelaskan, per hari ini H-1 diberlakukannya PSBB bus yang beroperasi juga hanya 10 persen di masing-masing PO dengan okupansi 15 persen.

"Dan sudah ada beberapa PO yang stop operasi karena semangkin turunnya permintaan. Kemungkinan stop operasi lebih besar untuk kedepannya," kata Kurnia.

Selain itu, dengan kondisi seperti ini pihaknya juga tengah melakukan survival management untuk waktu yang belum di tentukan kedepannya "Dengan mulai mengurangi load kerja karyawan," katanya.

Baca juga: PSBB Berlaku, Blue Bird Batasi Kapasitas Penumpang Hanya 50 Persen

Kurnia mengaku sampai saat ini belum Ada Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pada perusahaan otobus, pihaknya juga menyebut tidak bisa memberikan insentif kepada karyawan karena perusahaan tidak ada pemasukan saat ini.

"Gimana mau kasih insentif orang perusahaan saja tidak ada pemasukan. Di tengah PSBB kami meberlakukan shift Hari kerja dan menyesuaikan gaji dengan pemotongan kehadiran," jelas Kurnia. (Selvi Mayasari | Noverius Laoli)

Baca juga: Ini 10 Anak Muda Terkaya di Dunia, Usia Belum Genap 30 Tahun

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: PSBB diberlakukan, pengusaha bus akan lakukan penyesuaian harga tiket

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com