Selama PSBB, Grab Minta Tetap Diperbolehkan Angkut Penumpang

Kompas.com - 09/04/2020, 19:35 WIB
Ilustrasi GrabBike Dok. GrabIlustrasi GrabBike

JAKARTA, KOMPAS.com - Grab Indonesia meminta layanan transportasi roda dua tetap diperbolehkan mengangkut penumpang di DKI Jakarta kendati sudah ditetapkan sebagai wilayah pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Mulai 10 April hingga 24 April 2020.

"Kini Grab tengah berupaya agar mitra ojolnya tetap dapat mengangkut penumpang walaupun daerah tempatnya beroperasi sudah ditetapkan sebagai wilayah PSBB," ujar Head of Public Affairs Grab Indonesia Tri Sukma Anreianno kepada kontan.co.id, Kamis (09/4/2020).

Saat ini Grab tengah berkoordinasi dengan pihak terkait khususnya para pemerintah daerah yang nantinya akan mengatur kebijakan PSBB di masing-masing kota/daerah.

"Kami berharap pemerintah tetap dapat mengizinkan pelanggan kami untuk tetap menggunakan layanan ojol," katanya.

Baca juga: Pandemi Corona, UMKM Didorong Produksi Masker Kain

Selain itu, Tri menyebut, diperbolehkannya menggunakan layanan ojol penumpang ini khusus untuk mengantarkan masyarakat dari dan ke rumah sakit serta dari dan ke pasar, supermarket atau minimarket untuk membeli bahan kebutuhan sehari-hari.

Permintaan ini bertentangan dengan Peraturan Menteri Kesehatan (permenkes) No.9/2020 tentang Pedoman PSBB yang telah ditandatangani oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Dalam Permenkes tersebut daerah yang melaksanakan PSBB disebutkan wajib menerapkan enam kebijakan utama.

Keenam kegiatan tersebut antara lain peliburan sekolah dan tempat kerja, pembatasan kegiatan keagamaan, pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum, pembatasan kegiatan sosial dan budaya, pembatasan moda transportasi, dan pembatasan kegiatan lainnya khusus terkait aspek pertahanan dan keamanan.

Dengan demikian, secara aturan, ojol sama sekali dilarang membawa penumpang di wilayah yang sudah ditetapkan PSBB. Aktivitas yang diperbolehkan hanya pengiriman barang dan makanan. (Selvi Mayasari | Khomarul Hidayat)

Baca juga: Wabah Corona Gerogoti Industri Kecil dan Menengah

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Grab Indonesia minta tetap dibolehkan angkut penumpang selama PSBB



Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X