KILAS

Pelanggan Sepi Saat Pandemi Covid-19, Begini Strategi Mitra Grabfood

Kompas.com - 09/04/2020, 19:44 WIB
Merchant mitra GrabFood sedang memeriksa suhu tubuh pengemudi. Grab IndonesiaMerchant mitra GrabFood sedang memeriksa suhu tubuh pengemudi.
Penulis Farhanah
|

KOMPAS.com – Pandemi virus Covid-19 berdampak pada berbagai sektor usaha, salah satunya kuliner. Pelanggan tak bisa lagi makan di restoran. Sudah begitu, restoran juga harus mengurangi jam operasional.

Pelaku usaha, khususnya usaha kecil dan menengah (UMKM), harus menggunakan strategi baru untuk bertahan, yaitu mengandalkan teknologi dalam menjangkau pelanggan.

Strategi itulah yang dilakukan mitra merchant GrabFood di Bandung, Surabaya, Makassar, dan Medan.

Manager Pemasaran Wingz O Wingz Muhammad Muhlis mengaku transaksi makan di gerai menu ayam miliknya hanya tersisa lima persen. Mereka pun membatasi kunjungan pelanggan dengan melayani take a way dan order aplikasi saja.

“Saat ini, paling saya syukuri sih bahwa usaha yang saya kembangkan ini sekarang tidak hanya tetap menghidupi ratusan karyawan, tapi juga membantu para pengemudi ojek online di tengah situasi sulit ini,” kata Muhlis dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (9/4/2020).

Baca juga: Lawan Covid-19, Grab Siagakan Lini Transportasi Khusus

Restoran yang berdiri sejak 2011 tersebut merupakan sumber penghidupan bagi 250 karyawannya. Muhlis mengaku Grab sangat membantu bisnis bertahan.

Sementara di Surabaya, salah satu mitra GrabFood, Ayam Bakar Primarasa juga mengalami dampak dari pandemi virus ini. Edwin Sugiaurto generasi kedua pengelola restoran mengaku menghadapi banyak keputusan sulit.

“Kami hanya bisa mengambil satu. Kami pun memilih untuk beroperasi seperti biasa supaya karyawan tetap memperoleh gaji utuh setiap bulan, dengan meningkatkan standar kebersihan dan melakukan prosedur pengecekan kesehatan,” tutur Edwin.

Edwin mengatakan 100 karyawan bergantung dari usaha yang berdiri sejak 1993 ini. Sekarang, 50 persen transaksi berasal dari pesanan online.

MasterCheese, UMKM kuliner mitra GrabFood di Makassar memiliki cerita yang sedikit berbeda. Mereka terpaksa tetap buka untuk mempertahankan omzet, meski harus memangkas jam operasional.

Baca juga: Manajemen Grab Sisihkan Gaji untuk Bantu Pengemudi

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X