Kompas.com - 17/04/2020, 13:08 WIB
Pelabuhan Merak Eksekutif Sosoro. Kompas.com/Silvita AgmasariPelabuhan Merak Eksekutif Sosoro.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) akan membatasi jumlah tiket angkutan penyeberangan laut guna mengantisipasi penumpukan penumpang di pelabuhan.

Direktur Utama PT ASDP Ira Puspadewi mengatakan, pihaknya akan melakukan penyesuaian jumlah tiket sesuai protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19).

"Tiket (kapal penyeberangan) yang dijual dibatasi," kata Ira dalam video conference, Jumat (17/4/2020).

Ira menambahkan, pembatasan kuota juga akan kembali disesuaikan apabila pada akhirnya pemerintah tidak melarang masyarakat untuk melaksanakan mudik Lebaran 2020.

Baca juga: Mulai Mei, ASDP Wajibkan Penumpang Kapal Beli Tiket Lewat Online

Menurut dia, pembatasan akan dapat berjalan lancar sejalan dengan diwajibkannya calon penumpang untuk membeli tiket secara online atau e-ticketing.

Pasalnya, dengan diwajibkannya pembelian tiket secara online, ASDP dapat mengetahui berapa kebutuhan jasa penyeberangan kapal dan calon penumpang dapat mengetahui ketersediaan tiket.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya kira dengan e-ticketing tidak terjadi lagi penumpukan," ujar Ira.

Selain itu, Ira memastikan pihaknya akan mematuhi keputusan Kementerian Perhubungan terkait pembatasan jumlah penumpang kapal, dalam rangka mengentas penyebaran Covid-19.

"Nanti Kemenhub bisa kasih arahan persentase (pembatasan penumpang), misal 50 persen kita ikuti arahan regulator," ujarnya.

Nantinya, calon penumpang yang belum memiliki tiket penyeberangan, dilarang memasuki area pelabuhan. Ini dilakukan untuk mengantisipasi penumpukan calon penumpang di pelabuhan.

"Sekarang di dekat pelabuhan itu ada last point buffer zone, dimana orang bisa reservasi tiket," ucapnya.

Baca juga: Harga Tiket Pesawat Dinaikkan Saat PSBB, Ini Kata INACA

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.