Susun Daftar Kebiasaan Pengeluaran Anda, Cuma Butuh 20 Menit

Kompas.com - 23/04/2020, 08:00 WIB
Ilustrasi belanja online shutterstockIlustrasi belanja online

JAKARTA, KOMPAS.com - Menurut penelitian dari Duke University, kebiasaan membentuk sekitar 45 persen dari perilaku seseorang sehari-hari.

Tidak peduli apa tujuan Anda, besar atau kecil, membentuk kebiasaan yang selaras merupakan bagian integral untuk mencapainya. Hal ini juga berlaku untuk keuangan Anda, pengeluaran Anda sehari-hari.

Namun, siapa bilang membuat daftar kebiasaan memakan banyak waktu? Cukup waktu 20 menit untuk mempertimbangkan kebiasaan finansial yang ingin Anda bentuk.

Kebiasaan itu bisa jadi seperti menabung lebih konsisten dari setiap gaji bulanan, melacak pengeluaran, atau cukup memeriksa saldo rekening bank setiap pagi.

Baca juga: Ada Virus Corona, Begini Cara Hemat Pengeluaran Selama Ramadhan

Apapun yang Anda lakukan, mulailah dari hal yang paling kecil. Sama seperti Anda tidak mampu menabung banyak uang dalam satu waktu, kebiasaan juga membutuhkan waktu untuk terbentuk. Mulai dari yang kecil dapat memotivasi.

"Yang mungil akan tumbuh lebih besar, sama seperti benih yang tumbuh menjadi pohon," tulis penulis BJ Fogg dalam bukunya berjudul "Kebiasaan kecil: perubahan kecil yang mengubah segalanya" mengutip CNBC, Kamis (23/4/2020).

Lebih lanjut, pertimbangkan kebiasaan mana yang akan lebih mudah Anda bentuk dari sekarang. Biasanya kebiasaan yang lebih mudah akan menghabiskan lebih sedikit waktu.

Untuk itu, coba pertimbangkan beberapa ide ino untuk diuji coba:

1. Berpegang teguh pada anggaran yang esensial.

2. Cobalah mengimplementasikan "no spend day" setiap minggu atau setiap bulan sekali.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X